PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PROTISTA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

AMELIA, RISKI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PROTISTA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada mata pelajaran Biologi terhadap penguasaan konsep siswa SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe pair check sebagai variabel bebas dan penguasaan konsep sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode eksperimen rancangan penelitian ini menggunakan Quasi�Eksperimen. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis. Tes tulis digunakan untuk melihat kemampuan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair check. Berdasarkan hasil analisis, kemampuan penguasaan konsep menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji regresi, kemampuan penguasaan konsep = 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa HR0R ditolak dan HRaR diterima. Hal ini diperkuat dengan hasil uji gain, kemampuan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,80 (tinggi) sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,41 (sedang). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe pair check berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan konsep siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check, Penguasaan Konsep, Protista.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:32
Last Modified: 27 Sep 2021 04:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12006

Actions (login required)

View Item View Item