PENGARUH METODE FERNALD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG

MONALISA, MONALISA (2017) PENGARUH METODE FERNALD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Monalisa 13270068.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan penelitian tentang Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa sebelum diterapkannya metode fernald pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang?, (2) Bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa setelah diterapkannya metode fernald pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang?, (3) Adakah pengaruh metode fernald terhadap kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang? Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain one group pretest-posttest. Adapun populasi dan sampelnya adalah siswa kelas II berjumlah 73 siswa, dengan sampel 24 siswa kelas II.A. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus statistik TSR dan Product Moment. Kemampuan membaca permulaan siswa kelas II.A pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang sebelum diterapkannya metode fernald yang tergolong tinggi sebanyak 6 orang siswa (25%), tergolong sedang sebanyak 7 orang siswa (29,17%), dan yang tergolong rendah sebanyak 11 orang siswa (45,83%). Kemampuan membaca permulaan siswa kelas IIA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode fernald yang tergolong tinggi sebanyak 12 orang siswa (50%), tergolong sedang sebanyak 6 orang siswa (25%), dan tergolong rendah sebanyak 6 orang siswa (25%). Dengan demikian, kemampuan membaca permulaan siswa yang menggunakan metode fernald tergolong baik. Berdasarkan analisis data dengan rumus product moment adalah nilai perhitungan lebih besar daripada , baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% dengan rincian 0,404 0,515. Ha diterima dan Ho ditolak. Ini menunjukkan bahwa penerapan metode fernald itu telah berhasil meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II.A pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:34
Last Modified: 27 Sep 2021 04:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12023

Actions (login required)

View Item View Item