PENGARUH PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG

OKTALINA, OKTALINA (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
OKTALINA 14270091.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sehingga siswa kurang aktif dan terlihat bosan. Melalui penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here ini diharapkan siswa menjadi aktif sehingga semangat siswa dalam belajar dapat tumbuh dan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa Kelas IV sebelum dan sesudah penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang? (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain True Experimental Designs dan menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang yang terdiri dari empat kelas, sedangkan sampel penelitian adalah kelas IV B dan IV C. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan yaitu sebagai berikut: Pertama, penerapan aktivitas belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang tergolong sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi guru serta tahapan penelitian yang mencakup tiga tahapan telah terealisasikan dengan baik. Kedua, Aktivitas belajar siswa dilihat dari hasil persentase observasi siswa aktivitas sebelum diterapkan strategi everyone is a teacher here, diperoleh persentasi kategori tinggi (21,05%) kategori sedang (57,9%) kategiri rendah (21,05%). Sementara sesudah diterapkan strategi everyone is a teacher here, diperoleh persentasi kategori tinggi (32,43%) kategori sedang (37,84%) kategori rendah (29,73%). Sedangkan aktivitas belajar siswa dilihat dari hasil persentasi angket aktivitas sebelum diterapkan strategi everyone is a teacher here, diperoleh persentasi kategori tinggi (21%) kategori sedang (50%) kategori rendah (29%). Sementara sesudah diterapkan strategi everyone is a teacher here, diperoleh persentasi kategori tinggi (37,84%) kategori sedang (45,94) kategori rendah (16,22%). Ketiga, Hasil uji hipotesis dengan membandingkan besarnya “t” yang terdapat pada thitung (observasi=14,42 dan angket=16,67) dan besarnya “t” yang terdapat pada ttabel nilai t 5%=1,66 dan 1%=2,37, maka dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 1,66<14,42>2,37 dan 1,66<16,67>2,37. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka hipotesis Nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penerpan strategi everyone is a teacher here terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:34
Last Modified: 27 Sep 2021 04:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12024

Actions (login required)

View Item View Item