PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI SISWA UNTUK MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 46 PALEMBANG

ASTARIZAL, YONI (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI SISWA UNTUK MELAKSANAKAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 46 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
YONI ASTARIZAL (13210339).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Siswa untuk Melaksanakan Shalat Dzuhur Berjamaah di SMP Negeri 46 Palembang. Skripsi ini membahas tentang kegiatan keagamaan di SMP Negeri 46 Palembang, peran guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah dan kendala yang dihadapi guru dalam memotivasi siswa untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan keagamaan di SMP Negeri 46 Palembang, untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siw untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif merupakan data yang bertujuan untuk menjelaskan kegiatan keagamaan di SMP Negeri 46 Palembang, peran guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah dan kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah. Sedangkan data kuantitatif yang dimaksud adalah jumlah guru, jumlah siswa serta keadaan sarana dan prasarana sekolah. Untuk melihat bagaimana peran guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 46 Palembang, penulis mengumpulkan data melalui langkah yang sistematis dan terencana dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sehingga akan diperoleh data dari sumber primer dan sekunder dalam penelitian. Kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini, bahwa kegiatan keagamaan di SMP Negeri 46 Palembang sudah terlaksana dengan baik, contoh dari keberhasilan itu seperti, shalat dzuhur berjamaah dikoordinir oleh guru pendidikan agama Islam yang dilaksanakan setiap hari senin sampai dengan kamis dan selalu diikuti siswa, tausiyah yang dilaksanakan setiap hari jum’at pada minggu keempat dalam setiap bulan dan kegiatan ekstrakurikuler rohis dan tilawah yang dilaksanakan setiap hari sabtu. Peran guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di SMP Negeri 46 Palembang sudah baik terlihat guru pendidikan agama Islam senantiasa memotivasi siswa dengan cara memberikan pengetahuan tentang pentingnya shalat dzuhur berjamaah, selalu mengingatkan dan mengajak siswa untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, memberikan contoh teladan yang baik, seperti datang ke mushollah lebih awal dibandingkan siswa, mengajak siswa berwudhu bersama dan membimbing siswa. Kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah yaitu siswa masih dalam usia labil dan susah untuk menerima ajakan guru, masih ada siswa yang pendidikan agama di rumahnya kurang terlihat masih ada siswa yang tidak bisa mengaji, keterbatasan tempat ibadah yang tidak memadai untuk menampung semua siswa, banyaknya siswa yang mengerjakan tugas saat jam isoma dan tidak adanya sanksi bagi siswa membuat siswa tidak takut jika tidak melaksanakan shalat dzuhur berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:35
Last Modified: 27 Sep 2021 04:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12033

Actions (login required)

View Item View Item