PELAKSANAAN SUPERVISIPEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN SABILUL MUHTADIN DESA LANGKAN BANYUASIN III

SALEH, IBRAHIM (2017) PELAKSANAAN SUPERVISIPEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN SABILUL MUHTADIN DESA LANGKAN BANYUASIN III. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
skripsi ibrahim.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi in berjudul “Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin Desa Langkan Banyuasin III”. Kajian ini dilatar belakangi kurang efektifnya kegiatan pembelajaran karena masih ada beberapa tenaga pendidik yang mengajar tidak sesuai bidangnya, dan sering terjadi kesalahan dalam menyusun jadwal mengajar serta metode mengajar guru masih memakai metode mengajar yang lama sehingga tidak ada kreatifitas dan innovatif dari para guru dalam proses belajar mengajar, hal ini juga tentunya tidak terlepas dari peran seorang kepala madrasah selaku seorang pemimpin serta supervisor dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran itu sendiri, terutama memberikan bantuan kepada para guru dalam proses belajar mengajar. Adapun yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan supervisi pembelajaran di pondok pesantren sabilul muhtadin langkan banyuasin III dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi pembelajaran di pondok pesantren sabilul muhtadin desa langkan banyuasin III?. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi pembelajaran, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah kepala madrasah dan guru-guru, sedangkan sumber data sekunder berupa buku-buku dan dokumentasi madrasah yang berkaitan dengan penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tehnik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini dengan cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta disempurkan dengan pengcekan keabsahan data melalui metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah di Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin Desa Langkan Banyuasin III dengan menggunakan beberapa tehnik yakni tehnik supervisi langsung dan tidak langsung, tehnik supervisi langsung meliputi (a) Tehnik kunjungan kelas, (b)Percakapan individual (pribadi),(c)Diskusi kelompok (rapat), sedangkan tehnik tidak langsung meliputi (a)Pemantauan melalui cctv, (b) Mengikut sertakan para guru dalam penataran dan pelatihan. Faktor-faktor pendukung pelaksanaan supervisi pembelajaran di Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin Desa Langkan Banyuasin III sebagai berikut: 1. Pengalaman dan keahlian kepala madrasah, 2. Sarana dan prasarana, 3. Adanya respon baik dari para guru.Faktor-faktor penghambat pelaksanaan supervisi pembelajaran di Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin Desa Langkan Banyuasin III sebagai berikut: 1. Sarana dan prasarana, 2. Kondisi kerja, 3. Dana yang dialokasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:36
Last Modified: 27 Sep 2021 04:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12045

Actions (login required)

View Item View Item