FAKTOR KESULITAN BELAJAR IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR

nisak, hayatin (2017) FAKTOR KESULITAN BELAJAR IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Hayatin Nisak (13270044).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar bagi setiap individu tidak selamnya dapat berlangsung wajar, kadang-kadang lancar, kadang -kadang tidak, kadang -kadang cepat menangkap apa yang di pelajari, kadang-kadang terasa amat sulit. Dalam hal semangat, terkadang ada yang semangatnya tinggi, tetapi terkadang juga sulit untuk mengadakan konsenterasi. Fenomena ini dapat disebut kesulitan belajar siswa. Fenomena kesulitan belajar seorang siswa biasanya tampak jelas dari menurunnya prestasi belajarnya. Namun, kesulitan belajar juga dapat dibuktikan dengan munculnya kelainan prilaku (misbehavior) siswa seperti kesukaan berteriak -teriak di dalam kelas, mengusik teman, berkelahi, sering bolos, dan sering minggat dari sekolah. Amilda dan Mardiah Astuti mengungkapkan bahwa kesulitan belajar ti dak selalu disebabkan karena factor intelegensi yang rendah (kelainan mental), akan tetapi dapat juga disebabkan oleh factor-factor non intelegensi. Dengan demikian, IQ yang tinggi belum tentu menjamin keberhasilan belajar. Skripsi ini berjudul “Faktor Kesulitan Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman Kabupaten Ogan Ilir”. Dimana rumusan masalah yang pertama, apakah faktor-faktor internal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman? Kedua, apakah faktor-faktor eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman? Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor internal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman dan mengidentifikasi faktor-faktor eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman. Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar IPS siswa kelas VI A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman Kabupaten Ogan Ilir: 1). Faktor internal adalah yang terdapat dalam diri anak didik yaitu faktor siswa yang sakit, siswa yang kurang sehat, cacat tubuh (cacat tubuh yang ringan), bakat siswa, minat siswa yang kurang, motivasi siswa yang kurang, kesehatan mental siswa, tipe khusus seorang pelajar. 2). Adapun faktor eksternal yaitu meliputi faktor keluarga, faktor orang tua yang kurang harmonis, suasana rumah keluarga yang kurang baik, dan kehidupan orang tua yang suka memanjakan anaknya, kemudian faktor alat sekolah yang belum terpenuhi, kemudian yang ketiga adalah faktor mass media seperti main games/COC, Nonton TV dan lingkungan sosial, yaitu aktivitas dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:37
Last Modified: 27 Sep 2021 04:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12050

Actions (login required)

View Item View Item