ATHIFAH, NURUL (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANMEANS ENDS ANALYSIS (MEA)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
NA (1) True.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
NA (2) True.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
NA (3) True.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
NA (4) True.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
NA (5) True.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) secara tepat dan bervariasi mempunyai peran penting terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi masalah siswa yang tidak terfokus pada saat proses kegiatan belajar dan mengajar sehingga menyebabkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang tersebut menjadi dibawah KKM. Melalui model MEA ini diharapkan mampu membuat siswa lebih bersemangat dan antusias lagi dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas, khususnya terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam sebelum diterapkan model pembelajaran means ends analysis di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam sesudah diterapkan model pembelajaran means ends analysis di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran means ends analysis terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang? Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa berdasarkan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Pertama, dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: Pertama, Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Means Ends Analysis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang bisa dikatakan termasuk rendah. Dengan persentase hasil belajar siswa kategori tinggi terdapat 6 orang siswa (19 %). Adapun hasil belajar siswa kategori sedang sebanyak 18 orang siswa (58 %), dan hasil belajar siswa kategori rendah terdapat 7 orang siswa (23 %). Kedua, hasil belajar siswa sesudah diterapkan model Means Ends Analysis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang bisa meningkat. dengan persentase siswa yang mendapat hasil tinggi dari 19% menjadi 13%, kemudian siswa yang mendapat hasil yang sedang dari 58% menjadi 74%, dan yang mendapatkan hasil yang rendah dari 23% berkurang menjadi 13% ini menandakan adanya perubahan dengan menggunakan model means ends analysis. Ketiga, signifikansi pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan model means ends analysis dikelas V pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di Madrasah Najahiyah Palembang dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan maka, dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari tt yaitu 2,04<20,17>2,76. Karena to lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan hasil belajar antara sebelum dan sesudah digunakannya model means ends analysis terdapat pengaruh yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:37 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:37 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12052 |
Actions (login required)
View Item |