STRATEGI PENGEMBANGAN KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN IBU TANAH MAS KEC. TALANG KELAPA KAB. BANYUASIN

Nurohma, Nyimas (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN KEGIATAN KEAGAMAAN ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN IBU TANAH MAS KEC. TALANG KELAPA KAB. BANYUASIN. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS NYIMAS NRM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi pengembangan kegiatan keagamaan anak usia dini di TK Harapan Ibu Tanah Mas Banyuasin” tesis ini merupakan salah satu karya ilmiyah yang didalamnya membahas tentang usaha pihak sekolah dalam mewujudkan generasi yang berkarakter dengan cara mengenalkan kegiatan keagamaan secara perlahan-lahan kepada peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu pertama, bagaimana strategi pengembangan kegiatan keagamaan anak usia dini di TK Harapan Ibu Tanah Mas Banyuasin. kedua, Apa metode pembelajarannya dan yang ketiga, Faktor apa saja yang mempengaruhi pengembangan kegiatan keagamaan anak usia dini di TK tersebut. Metode penelitian ini adalah jenis penelitiannya fenomenologi, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan sabjek penelitian adalah kepala sekolah guru kelas dan wali siswa. Dalam hal ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan pendekatan Model Miles and Humberman (reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi). Penelitian ini menemukan bahwa pertama, strategi pihak TK dalam mengembangkan kegiatan keagamaan anak usia dini di TK Harapan Ibu Tanah Banyuasin ditempuh dengan menetapkan pengembangan kegiatan keagamaan AUD yang hendak diinternalisasikan, menetapkan bentuk penilaiannya, merencanakan pembiasaan sehari-hari beserta program-program kegiatan keagamaannya, menerapkan pengembangan kegiatan keagamaannya, menyadarkan pada semua guru akan peran penting dan tanggung jawab dalam keberhasilan mencapai tujuan pengembangan kegiatan keagamaan pada anak usia dini, serta melakukan kerja sama dengan wali siswa dalam hal pengembangan kegiatan keagamaan anak usia dini di TK tersebut. Lalu penemuan yang kedua, menemukan metode pembelajaran yang dipakai yakni menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, perhatian dan pengawasan, metode nasehat, metode permainan dan metode cerita. Kemudian temuan yang ketiga, Faktor pendukung dalam mengembangkan kegiatan keagamaan anak usia dini di TK Harapan Ibu Tanah Mas Banyuasin adalah adanya kesadaran dari guru kelas akan hal pentingnya pengembangan kegiatan keagamaan anak usia dini, adanya sarana dan prasarana yang baik, terjalinnya kerja sama yang harmonis antara pihak sekolah dan orang tua dalam hal mengembangkan kegiatan keagamaan anak usia dini, adanya perhatian baik dari guru dan orang tua, adanya kesemangatan dari peserta didik adapun penghambat dalam mengembangkan kegiatan keagamaan anak usia dini yaitu tidak adanya kesadaran dari guru akan hal penting pengembangan kegiatan keagamaan, kurangnya sarana dan prasarana, tidak terjalinnya kerjasama yang baik antara orang tua dan guru, kurangnya perhatian orang tua dan guru dalam hal kegiatan keagamaan anak usia dini dan terakhir tidak adanya kesemangatan dari peserta didik didalam mengikuti kegiatan keagamaan yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:39
Last Modified: 27 Sep 2021 04:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12056

Actions (login required)

View Item View Item