NILAI – NILAI YANG MEMOTIVASI CERITA RAKYAT SUMATERA SELATAN DALAM PENGAJARAN APRESIASI SASTRA DI SD/MI

NURHAMIDAH, NIDA (2018) NILAI – NILAI YANG MEMOTIVASI CERITA RAKYAT SUMATERA SELATAN DALAM PENGAJARAN APRESIASI SASTRA DI SD/MI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I nilai motivasi cerita rakyat.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Nilai-nilai Memotivasi Pada Cerita Rakyat Sumatera Selatan Dalam Pengajaran Apresiasi Sastra Di SD/MI”. Adapun rumusan masalah yang (1) bagaimana unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik dalam cerita rakyat Sumatera Selatan? (2) bagaimana nilai-nilai motivasi pada cerita rakyat Sumatera Selatan ? (3) bagaimana implementasi cerita rakyat sumatera selatan dalam pengajaran apresiasi sastra di SD/MI ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur Insstrinsik dan Ekstrinsik dalam cerita rakyat Sumatera Selatan. Untuk mengetahui nilai-nilai motivasi pada cerita rakyat Sumatera Selatan. Dan untuk mengetahui implementasi cerita rakyat dalam pengajaran apresiasi sastra di SD/MI. Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dan jenis data dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, sumber data diperoleh dari data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari subjek yang diteliti yakni buku cerita rakyat Sumatera Selatan, dan data sekunder adalah data pendukung yang berbentuk kepustakaan yang diperoleh dari sumber tidak langsung seperti bukubuku yang berkaitan dengan penelitian, situs internet dan literatur-literatur lainnya. Yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya yakni menggunakan teknik analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai motivasi yang tekandung pada cerita rakyat dalam pengajaran apresiasi sastra di SD/MI yakni : (1) terdapat unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik yang mudah di pahami dan di mengerti oleh siswa, tidak membingungkan siswa dalam menentukan unsur-unsur instrinsik seperti sifat-sifat atau watak tokoh pada cerita tersebut dan unsur ekstrinsiknya siswa dapat memahami nilai-nilai yang tersirat dalam setiap teks buku cerita rakyat tersebut. (2) memotivasi siswa untuk lebih rajin dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu (belajar), memotivasi siswa untuk berbuat baik kepada setiap orang baik itu orang tua, guru, atau teman sebayanya, memotivasi siswa untuk membantu atau menolong pada setiap orang yang memerlukan pertolongan dalam konteks pelajaran siswa dapat menolong temannya untuk membantu menyelesaikan tugas dari guru apabila temannya sult untuk mengerjakannya sendiri,(3) dalam pengajaran apresiasi sastra di SD/MI siswa juga mampu berkomunikasih secara efektif dan efesien baik secara lisan maupun tulisan, siswa juga dapat menghargai suatu karya sastra yang ada di Indonesia. Bahan ajar yang digunakan oleh SD/MI memenuhi ciri-ciri sastra anak yakni mudah dapat dipahami oleh anak, pesan yang terkandung dapat mudah dimengerti anak, memiliki irama dan keindahan serta isinya sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:40
Last Modified: 27 Sep 2021 04:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12058

Actions (login required)

View Item View Item