Siti Alfiatun Hasanah, Siti (2015) MATERI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI TASAWUF (Telaah Pemikiran alGhazali. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I .pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab II .pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab III .pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (23MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini berjudul “MATERI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI TASAWUF (Telaah Pemikiran Al-Ghazali)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis multidimensi yang tengah melanda bangsa, diawali oleh demoralisasi dalam dunia pendidikan yang belum memberi ruang untuk berperilaku jujur. Proses pembelajaranpun cenderung mengajarkan pendidikan moral dan budi pekerti sebatas pengetahuan yang tertulis dalam teks, sehingga kurang mempersiapkan siswa untuk menyikapi dan menghadapi kehidupan yang kontradiktif. Di sinilah, pendidikan karakter menempati posisi penting. Menyikapi permasalahan ini, khasanah pendidikan Islam sebenarnya telah lama memiliki konsep pendidikan karakter khususnya dalam pemikiran al-Ghazali yang syarat akan nilai-nilai spiritualitas. Namun, pemikiran al-Ghazali tersebut belum terpetakan dalam tiga ranah materi pendidikan. Untuk itu penelitian ini akan menggali konsep materi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai tasawuf dalam pemikiran al-Ghazali yang terdiri dari tiga ranah, kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui konsep materi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai tasawuf dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik menurut pemikiran Al-Ghazali. Selain itu penelitian juga bertujuan mengembangkan konsep pendidikan karakter yang telah ada, dengan menggali pemikiran Al-Ghazali yang mengandung nilai-nilai tasawuf. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa buku-buku karangan alGhazali dan berbagai buku lain yang relevan sebagai data sekunder. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun teknik analisis data yang diterapkan di sini adalah deskriptif interpretatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pendidikan karakter dalam pemikiran tasawuf al-Ghazali terdapat dalam ilmu mu’amalahnya (sebelum seseorang mencapai ilmu mukasyafah), di mana ilmu tentang halal haram, sifat diri yang terpuji dan tercela adalah ilmu yang fungsinya untuk diamalkan. Dengan demikian, nilai-nilai tasawuf akhlaki yang terangkum dalam ‘ilmu mu’ȃmalah, sebagaimana materi pendidikan karakter, juga memiliki tiga ranah, yaitu kognitif dalam hal teori tentang ‘ilmu mu’ȃmalah itu sendiri, serta afektif dan psikomotorik yang terdapat dalam pengamalan ‘ilmu mu’ȃmalah dalam sikap dan perilaku. Adapun materi kognitif pendidikan karakter dalam pemikiran tasawuf alGhazali, dibangun dengan kekuatan akal dan hati sebagai sebagai satu kesatuan dan basis utamanya serta berorientasi pada pendekatan diri kepada Allah. Sedangkan materi afektif dibangun dengan sisi emosional hati, di mana kewajiban untuk melakukan kebaikan dan kecintaan kepada kebaikan sebagai bukti kecintaan hamba kepada Allah, menjadi landasan dalam bersikap. Adapun materi psikomotorik memfokuskan perhatiannya pada pembentukan kompetensi moral internal sebelum diwujudkan dalam tindakan moral.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:45 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:45 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12060 |
Actions (login required)
View Item |