HIDAYATULLAH, MUHAMMAD (2018) KONSEP MENGAJAR DENGAN HATI MENURUT DANI RONNIE M. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Muhammad Hidayatullah NIM 10210105.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini, kemajuan serta perkembangan suatu bangsa dan negara sering kali dikaitkan dengan pendidikannya. Ketika berbicara tentang pendidikan dan juga tentang perkembangan zaman dengan semua tantangannya. Munculnya berbagai macam polemik bangsa serta kasus yang marak terjadi di Indonesia, khususnya di dalam dunia pendidikan nampaknya menjadi sorotan besar masyarakat Indonesia saat ini. Maka, timbulnya rasa takut dan khawatir serta ketidakpuasan, khususnya orang tua terhadap kualitas pendidikan anaknya. Salah satu bentuk indikator diantaranya, yaitu menipisnya nilai-nilai, etika, dan moral juga perilaku beserta karakter yang dimiliki oleh peserta didik. Fenomena yang terjadi di masyarakat, banyak orang tua menyekolahkan anaknya di sekolah yang memitiki kualitas dan standar yang jelas terhadap hasil apa yang akan mereka dapatkan. Salah satu yang dinilai yaitu, di sekolah tersebut memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu guru yang berkualitas sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Hal ini terjadi karena pendidikan yang diselenggarakan belum bermakna sebagai proses transformasi budaya menuju mantapnya kehidupan bangsa Indonesia. Dalam aktivitasnya guru harus siap berperan sebagai ujung tombak di garda terdepan yang akan selalu dilihat perilakunya sebagai tauladan oleh masyarakat. Maka dari itu, guru harus menumbuhkan serta memiliki kesadaran penuh terhadap peran penting dirinya di masyarakat. Guru sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan komponen penting dalam pembelajaran di dunia pendidikan, oleh sebab itu memperbaiki kualitas pembelajaran harus difokuskan pada upaya memperbaiki kualitas guru dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini, penulis memposisikan diri sebagai pendukung terhadap pemikiran dari Dani Ronnie M. Tujuan dalam penelitian ini ialah penulis ingin mengetahui Konsep Mengajar dengan Hati yakni berdasarkan sudut pandang Dani Ronnie M mengenai peran yang harus dimiliki guru yaitu menitikberatkan pada kesadaran guru terhadap peranannya dalam mengajar. Penelitian ini adalah penelitian literatur atau studi kepustakaan (ibrary research) dengan data kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pendekatan analisis wacana. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Dengan fokus kajian yang dibahas dalam penelitian ini adalah Konsep Mengajar dengan Hati menurut pemikiran Dani Ronnie M terhadap analisis peranan yang dimiliki seorang guru dalam mengajar. Hasil analisis dari penelitian yang telah dilakukan, bahwa Konsep Mengajar dengan Hati menurut Dani Ronnie M yakni suatu konsep yang berorientasikan peranan, ketauladanan dan nilai (value) yang harus dimiliki oleh seorang guru sehingga guru menjadi pribadi berkualitas yang mampu menjadi penyemangat (inspirator) bagi peserta didik dalam mengapai cita-cita dan bekal masa depan meraka dalam menjalani kehidupan selanjutnya (memberdayakan peserta didik), serta menjadi pelopor pencetak manusia-manusia berkarakter dan siap terjun ke dunia nyata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:45 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:45 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12062 |
Actions (login required)
View Item |