“IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA DAN PONDOK PESANTREN TAHFIZH RAUDHATUL QUR’AN PAYARAMAN)”

ALI SODIKIN, MUHAMMAD (2018) “IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA DAN PONDOK PESANTREN TAHFIZH RAUDHATUL QUR’AN PAYARAMAN)”. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS BAB I .pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS BAB II .pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS BAB III.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS BAB IV .pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS BAB IV .pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS BAB V.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana program tahfizh al-Qur’an yang diterapkan di Lemtatiqi Pondok Pesantren al-Ittifaqiah Indralaya?, 2) Bagaimana program tahfizh al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Tahfizh Raudhatul Qur’an Payaraman?, 3) Apa saja kelebihan dan kelemahan program tahfizh al-Qur’an di Lemtatiqi Pondok Pesantren al-Ittifaqiah Indralaya dan Pondok Pesantren Tahfizh Raudhatul Qur’an Payaraman?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis program tahfizh al-Qur’an yang diterapkan di Lemtatiqi Pondok Pesantren al-Ittifaqiah Indralaya. 2) Menganalisis program tahfizh al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Tahfizh Raudhatul Qur’an Payaraman. 3) Menganalisis kelebihan dan kelemahan program tahfizh al-Qur’an di Lemtatiqi Pondok Pesantren al-Ittifaqiah Indralaya dan Pondok Pesantren Tahfizh Raudhatul Qur’an Payaraman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan analisis data. Hasil penelitian di Lemtatiqi Pondok Pesantren al-Ittifaqiah mencakup: 1. Perencanaan (menentukan tujuan program tahfizh, materi hafalan, kurikulum, metode, santri, pembina dan sarana prasarana). 2. Pelaksanaan (melaksanakan persiapan, materi, kurikulum, metode, santri, pembina, sarana prasarana dan alokasi waktu). 3. Evaluasi (melakukan evaluasi harian, evaluasi terencana dan evaluasi tidak terencana). Kelebihan dan kelemahan prograam tahfizh: 1. Kelebihan: (memberikan penghargaan kepada santri, kurikulum program 2 tahun (kelas exellen) dan program 3 tahun (kelas tahfizh), pembina berkompeten, santri pilihan, metode yang memadukan perbaikan bacaan dan hafalan, ruang belajar dan asrama memang khusus ditempati oleh santri sesama tahfizh). 2. Kelemahan: (belum bisa mengatasi santri yang berhenti, kemampuan menghafal santri tidak sama, takrir belum maksimal, metode belum maksimal, kurangnya pembina dan kurangnya waktu yang tersedia). Hasil penelitian di Pondok Pesantren Tahfizh Raudhatul Qur’an mencakup: 1. Perencanaan (menentukan tujuan, target program tahfizh, metode tahfizh, pelaksana program, fasilitas pendukung). 2. Pelaksanaan (tahap persiapan menghafal, tahap pentashihan hafalan, tahap pemeliharaan hafalan). 3. Evaluasi program (melakukan evaluasi harian, mingguan, bulanan dan tahunan). kelebihan dan kelemahan program tahfizh: 1. Kelebihan: (memberikan penghargaan kepada santri tahfizh al-Qur’an, kurikulum terencana, pembina berkompeten, mewajibkan seluruh santri kecuali kelas VII dan X, metode yang memadukan perbaikan bacaan dan hafalan, ruang belajar dan asrama yang memadai). 2. Kelemahan: (kemampuan menghafal santri tidak sama, takrir belum maksimal, metode belum maksimal, kurangnya pembina yang berpredikat Hafizh dan Hafizhah dan kurangnya waktu yang tersedia).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:45
Last Modified: 27 Sep 2021 04:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12063

Actions (login required)

View Item View Item