PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA KELAS XI DI SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) ETHIKA PALEMBANG

SUGIANA, ASET (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA KELAS XI DI SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) ETHIKA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
CD fIX.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Kelas XI di SMK ETHIKA Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter kelas XI di SMK ETHIKA Palembang?, Bagaimana karakter disiplin dan tanggung jawab Siswa Kelas XI di SMK ETHIKA Palembang?, Apa faktor-faktor yang mempengaruhi proses penanaman nilai-nilai karakter kelas XI SMK ETHIKA Palembang ?, Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter kelas XI di SMK ETHIKA Palembang, Untuk mengetahui pemahaman siswa tentang nilai-nilai karakter kelas XI di SMK ETHIKA Palembang, dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa kelas XI di SMK ETHIKA Palembang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang di alamiah, dimana peneliti sebagai instrument kunci, tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer meliputi kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, siswa kelas XI, sedangkan data sekunder yaitu dokumen sarana dan prasarana, struktur organisasi, keadaan guru, keadaan siswa. Kemudin untuk memperoleh data, penulis menggunakan alat pengumpulan data yaitu: Metode observasi digunakan untuk melihat peran guru Pendidikan Agama Islam, karakter siswa dan suasana belajar didalam kelas, metode wawancara untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan kepada siswa kelas XI, dan metode dokumentasi digunakan untuk menghimpun data tentang jumlah guru, siswa, dan status guru, dan foto-foto yang telah kita lakukan saat observasi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter Siswa Kelas XI di SMK ETHIKA Palembang adalah sebagai pengajar, pembimbing, dan mengarahkan, para guru Pendidikan Agama Islam sendiri yang berperan mengembangkan wawasan pemahaman siswa tentang karakter disiplin dan tanggung jawab, berpartisipasi mengerakkan siswanya untuk mematuhi peraturan sekolah, memberikan contoh kepada siswanya untuk disiplin baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Kedua, karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sudah ada pada diri siswa dari awal siswa mendaftar di sekolah, siswa sudah di sosialisasikan, diarahkan, direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penanaman nilai-nilai karakter terdapat sedikit pengaruh ialah karena lingkungan siswa, teman sekolah, dan masih ada guru yang datang terlambat ke sekolah serta guru tidak masuk kelas hanya memberi tugas kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:47
Last Modified: 27 Sep 2021 04:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12072

Actions (login required)

View Item View Item