PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS Di MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QOMAR PALEMBANG

Indah Komariah, Nyimas (2018) PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS Di MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QOMAR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NYIMAS INDAH KOMARIAH NIM 14270090.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media belajar yang tepat dan bervariasi terutama yang telah memanfaatkan perkembangan teknologi telah menjadi sebuah kebutuhan di dalam kegiatan pembelajaran di sekolah di masa sekarang sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media audio visual pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang dan adakah pengaruh yang signifikan setelah diterapkannya media audio visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media audio visual pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang dan adakah pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya media audio visual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang. Jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif teknik analisis data menggunakan analisis Uji “t”. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t yaitu: perhitungan (to = 4,442) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (tt.ts 5% =2,831 dan tt.ts 1% = 2,517) maka dapat kita ketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,831 < 4,442 > 2,517. Maka hipotesis nihil yang diajukan di muka ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh skor hasil belajar siswa setelah diterapkannya media audio visual merupakan pengaruh yang berarti atau signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:50
Last Modified: 27 Sep 2021 04:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12086

Actions (login required)

View Item View Item