PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI BIOLOGI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

UTAMI, Sri (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI BIOLOGI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi Sri Utami (12222104) pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap pemahaman konsep siswa materi sistem gerak manusia kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 September 2016 sampai dengan 27 Oktober 2016 yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran SQ3R sebagai variabel bebas dan pemahaman konsep sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA Muhammadiyah 1 Palembang Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 248 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis serta didukung dengan nilai LKPD, kinerja peserta didik dan penilaian sikap. Tes tulis digunakan untuk melihat kemampuan pemaham konsep peserta didik setelah diterapkan metode pembelajaran SQ3R. LKPD digunakan sebagai bukti peserta didik melakukan kegiatan SQ3R dan untuk melihat pemahaman peserta didik selama proses pembelajaran. Analisis data tes menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan uji hipotesis data kelas kontrol dan kelas eksperimen maka diperoleh nilai Fhitung 0,000 < 0,05, berbeda signifikan. Didapatkan nilai posttest peserta didik kelas XI IPA 4 dengan perolehan rata-rata 83,49, sedangkan nilai posttest peserta didik kelas XI IPA 5 dengan perolehan rata-rata 74,43. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran SQ3R terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem gerak manusia kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Kata Kunci : Metode Pembelajaran SQ3R; Pemahaman Konsep Siswa; Sistem Gerak Manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:50
Last Modified: 27 Sep 2021 04:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12087

Actions (login required)

View Item View Item