KAJIAN ETNOBOTANI TANAMAN OBAT DAN PEMANFAATANNYA DI KECAMATAN SEBERANG ULU 1 SERTA SUMBANGSIHNYA PADA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PLANTAE SMA KELAS X

Noviana, Kiki (2018) KAJIAN ETNOBOTANI TANAMAN OBAT DAN PEMANFAATANNYA DI KECAMATAN SEBERANG ULU 1 SERTA SUMBANGSIHNYA PADA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PLANTAE SMA KELAS X. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KIKI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Etnobotani merupakan ilmu botani yang membahas mengenai pemanfaatan dalam kehidupan sehari-hari dan adat suku bangsa. Penelitian dilakukan di Kecamatan Seberang Ulu 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies yang digunakan sebagai obat, bagian yang dimanfaatkan, cara mengelolah dan penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman obat di Kecamatan Seberang Ulu 1. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur dan bebas. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik snowball sampling dengan triangulasi dan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 38 famili dari 68 spesies tanaman. Famili Zingiberaceae dan Asteraceae merupakan famili terbanyak masing-masing 7 spesies. Bagian yang banyak dimanfaatkan yaitu daun sebanyak 53 %, selain itu juga akar, batang, bunga, buah, rimpang, getah dan umbi lapis. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa tanaman tersebut dapat mengobati berbagai penyakit, diantaranya yaitu diabetes, hipertensi, maag, kolestrol, demam, gatal-gatal, diare, cacar, luka, ambeien, liver, sakit gigi, kanker, radang paru-paru, asma, batuk, sariawan, flu, menghilangkan nyeri haid, membersihkan darah kotor setalah melahirkan, dan stroke. Cara pengolahan yang paling banyak digunakan yaitu direbus 74 %. Cara lain adalah dihaluskan lalu dioles, diremek lalu ditempel, dimakan langsung sebagai sayuran atau lalapan, ditempel, dan diteteskan. Penelitian ini akan digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran berupa herbarium.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:53
Last Modified: 27 Sep 2021 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item