PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PETA KONSEP TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BIOLOGI DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG

NIESVIALEJI, NICHANY (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PETA KONSEP TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BIOLOGI DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang memberikan siswa sebuah tantangan di mana pembelajaran dimulai dari fenomena yang ada disekitar kehidupan sehari-hari untuk membentuk pemahaman sendiri, merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran konstruktivisme adalah inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Peta Konsep terhadap berpikir kritis materi biologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini kelas VII.1 sebagai eksperimen berjumlah 20 dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 21 siswa. Pada proses pembelajaran, kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing Dengan Peta Konsep dan kelas kontrol diajarkan dengan metode ceramah. Pengambilan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dengan bentuk uraian terbuka yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa N-gain rata-rata kelas eksperimen adalah 0,61 yang termasuk kategori sedang dan N-gain rata-rata untuk kelas kontrol 0,24 yang termasuk kategori rendah. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 5,674 sedangkan ttabel = 1,685 terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu (Ha) diterima dan (H0) ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Peta Konsep berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa pada materi biologi di SMP Nurul Iman Palembang. Kata Kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peta konsep; berpikir kritis materi biologi; SMP Nurul Iman Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:53
Last Modified: 27 Sep 2021 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12118

Actions (login required)

View Item View Item