M. HABIBI, M. HABIBI (2012) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MAN 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah perilaku/akhlak siswa di MAN 2 Palembang pada orangtuanya, guru, dan temannya adalah kurang perduli dan cuek atau biasa saja. Mayoritas siswa kelas X memiliki perilaku yang cuek/biasa saja terhadap orangtuanya, gurunya, dan temannya. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat kepedulian yang dapat dibilang rendah. Selain itu, dari data observasi diketahui bahwa siswa tidak mampu mengatasi masalah pada saat menemukan persoalan hidup, sehingga ada beberapa anak yang terlihat murung dan mudah putus asa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecerdasan spiritual siswa, peran guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa, dan faktor pendukung dan penghambat guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa MAN 2 Palembang. Variabel penelitian ini adalah peran guru aqidah akhlak (X) dan kecerdasan spiritual siswa (Y). Sampel penelitian ini siswa kelas XII.IPS berjumlah 30 orang. Metode penelitian ini menggunakandeskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, kecerdasan spiritual siswa di MAN 2 Palembang rata-rata 53,1 dengan persentase sebesar 70,8% kategori tinggi. Jumlah siswa yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi dilihat dari nilai rata�ratanya ada 16 orang dengan persentase 53,3% dan kategori rendah ada 14 orang dengan persentase sebesar 46,7%.Secara garis besar, kecerdasan yang dimiliki siswa antara kategori tinggi dengan kategori rendah hampir sama. Peran yang dilakukan guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa adalah melaksanakan tugasnya dengan baik, disiplin dan bertanggungjawab sehingga dapat menjadi contoh bagi siswa. Ia menghubungkan perkembangan masalah di media televisi dan di masyarakat dengan materi pembelajaran dan menumbuhkan nilai-nilai agama melalui hukuman bagi siswa yang melakukan kesalahan agar bertanggungjawab, mandiri dalam mengerjakan tugas, dan saling tolong-menolong. Faktor pendukung guru dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa adalah program madrasah, sarana dan prasarana ibadah, dan mata pelajaran agama. Sedangkan faktor penghambat guru aqidah akhlak menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa di MAN 2 Palembang adalah sikap siswa, lingkungan siswa, teknologi gadgeg dan orangtua yang sibuk
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:54 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:54 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12129 |
Actions (login required)
View Item |