PENGARUH PENERAPAN APLIKASI GOOGLE EARTH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG

ASTUTI, WELY (2017) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI GOOGLE EARTH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
WELLY ASTUTI PGMI-13270140.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga siswa kurang berkonsentrasi dan terlihat bosan. Melalui penerapan aplikasi Google Earth ini diharapkan siswa menjadi termotivasi sehingga semangat siswa dalam belajar dapat tumbuh dan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan aplikasi Google Earth terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang?, 2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah diterapkan aplikasi Google Earth pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang?, dan 3) Bagaimana pengaruh penerapan aplikasi Google Earth terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang?. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan yaitu: pertama, penerapan aplikasi Google Earth terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang tergolong sangat baik. Peneliti telah melakukan penerapan aplikasi Google Earth berdasarkan lembar observasi guru yang diobservasi oleh guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV yaitu ibu Sri Ismiyati, S.Ag. Kedua, Motivasi belajar siswa dilihat dari hasil persentase observasi siswa motivasi sebelum dan sesudah diterapkan aplikasi Google Earth, diperoleh persentase kategori sangat baik sebelum diterapkan 11% (3 orang) sedangkan sesudah diterapkan 81% (22 orang), sementara untuk kategori baik sebelum diterapkan 11% (3 orang) sedangkan sesudah diterapkan 19% (5 orang). Dan untuk kategori cukup baik sebelum diterapkan 59% (16 orang) sedangkan sesudah diterapkan 0%. Dan untuk kategori kurang baik sebelum diterapkan 19% (5 orang) sedangkan sesudah diterapkan 0%. Sedangkan motivasi belajar siswa dilihat dari hasil persentase angket motivasi sebelum dan sesudah diterapkan aplikasi Google Earth, diperoleh persentase kategori tinggi sebelum diterapkan 18% (5 orang) sedangkan sesudah diterapkan 33% (9 orang), sementara untuk kategori sedang sebelum diterapkan aplikasi 56% (25 orang) sedangkan sesudah diterapkan 13% (48 orang). Dan untuk kategori rendah sebelum diterapkan 26% (7 orang) sedangkan sesudah diterapkan 5 orang (19%). Nilai Mean sebelum diterapkan yaitu 68,963 sedangkan nilai Mean sesudah diterapkan yaitu 87,037. Nilai Mean sebelum diterapkan yaitu 68,963 sedangkan nilai Mean sesudah diterapkan yaitu 87,037. Jadi motivasi belajar siswa meningkat setelah diterapkan aplikasi Google Earth. Ketiga, t0 (sebesar 22,341) adalah jauh lebih besar daripada tt baik pada taraf signifikansi 5% =2,06 maupun pada taraf signifikansi 1%=2,78). Maka Hipotesis Alternatif diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan penerapan aplikasi Google Earth terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang dan Hipotesis Nihil ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:57
Last Modified: 27 Sep 2021 04:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item View Item