PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADARSAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG

R, SUMAKWATI (2018) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADARSAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah masih banyaknya siswa yang memiliki hasil belajar yang renda dalam pembelajaran IPA serta guru kurang menerapkan pembelajaran dalam mengajar yang menyebabkan anak sulit untuk memahami apa yang disampaikan oleh guru. Dan untuk mengatasinya peneliti mencoba menerapkan pembelajaran kontruktivisme terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran kontruktivisme pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang, 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA sebelum dan sesudah di terapkannya pembelajaran kontruktivisme di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang, dan 3) Apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran kontruktivisme terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontruktivisme terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang. Untuk mengumpulkan data-data penulis menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, setelah data tersebut dikumpulkan kemudian direkapitulasi selanjutnya dianalisis menggunakan statistik yaitu mean, standar deviasi dan presentase, dan untuk mengetahui pengaruh antar variabel digunakan tes t. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, penerapan pembelajaran kontruktivisme yang dilaksanakan praktek langsung selama 6x pertemuan dengan materi sistem pencernaan pada protozoa, sistem pencernaan pada cacing, sistem pencernaan pada serangga, dan sistem pencernaan pada ikan berhasi diterapkan sesuai dengan langkah-langkah menerapkan pembelajaran kontruktivisme yang dapat dilihat melalui observasi guru kelas ketika peneliti melakukan penelitian. Kedua, hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapankan pembelajaran kontruktivisme mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari presentase hasil belajar siswa pada saat pretest yaitu yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 3 orang siswa (14,28%), nilai sedang 15 orang siswa (71,42%) dan nilai rendah 3 orang siswa (14,28%) sedangkan posttest yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 4 orang siswa (19,04%), nilai sedang 16 orang (76,19%), dan nilai rendah 1 orang siswa (4,76%). Ketiga, uji hipotesa dengan rumus uji “t” disimpulkan bahwa berdasarkan analisa terhadap data tentang penerapan pembelajaran kontruktivisme terhadap hasil belajar siswa kelas V “t”=2,09 . Ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) terbukti atau dapat diterima dan hipotesis nihil ditolak (Ho) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran kontruktivisme terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:58
Last Modified: 27 Sep 2021 04:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12153

Actions (login required)

View Item View Item