SYAPUTRA, YONGKI (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK ISLAMI SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
YONGKI SYAPUTRA (13210306).pdf Download (23MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul: “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Islami Siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa saja peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak Islami siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang ? (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak Islami siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang ? (3) apa saja program pembinaan akhlak Islami siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang ?. Tujuan penelitian ini mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak Islami siswa, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak Islami siswa dan mengetahui program pembinaan akhlak Islami siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah. Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif Field Research. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka dan menggunakan analisis statistik. Data kuantitatif yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah data jumlah guru, siswa, sarana dan prasarana. Sedangkan data kualitatif terdiri dari hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, data yang bersifat menggambarkan sejarah sekolah serta analis peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak Islami siswa. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa. Data sekunder diperoleh dari obsevasi serta dokumentasi sekolah. Informan dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam yang mengajar mata pelajaran AlIslam yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam (Depth Interview) dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Pertama, peran guru PAI dalam membina akhlak Islami siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang sudah cukup baik, guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, namun guru juga berperan sebagai korektor, inspirator, informator, motivator, pembimbing dan supervisor. Kedua, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak Islami siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Faktor pendukung meliputi adanya kerja sama guru, kerja sama dengan orang tua siswa dan sarana prasarana di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kurangnya kesadaran/minat siswa, kurangnya pendidikan agama dari keluarga dan minimnya ekonomi keluarga. Ketiga, program pembinaan akhlak Islami siswa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang melalui program kegiatan intrakulikuler dilakukan saat proses pembelajaran PAI berlangsung, guru dituntut memberikan suri teladan yang baik, menegakkan disiplin sekolah, pembiasaan diri dan memberikan nasehat terhadap siswa. Sedangkan program kegiatan ekstrakulikuler meliputi program rohis, program sholat sunnah Dhuha, program tahfiz Juzz Amma, program sholat berjamaah, program kultum (muhadoroh), peringatan hari-hari besar keagamaan dan program baca tulis Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:58 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12156 |
Actions (login required)
View Item |