PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH

AYU NINGRUM, FEBRI MEGAWATI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
febri megawati ayu ningrum 13270039.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Media diorama adalah pemandangan tiga dimensi dalam ukuran kecil untuk memperagakan atau menjelaskan suatu keadaan yang berwujud sebagai benda tiruan yang mewakili aslinya. Benda asli yang ketika akan difungsikan sebagai media pembelajaran dapat dibawa langsung ke kelas, atau siswa sekelas di arahkan langsung ke dunia sesungguhnya di mana benda asli itu berada. Apabila benda aslinya sulit untuk dibawa ke kelas atau kelas tidak mungkin dihadapkan langsung ketempat dimana benda itu berada, maka benda tiruannya dapat pula berfungsi sebagai media pembelajaran yang efektif. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana penggunaan Media Diorama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah? Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Media Diorama di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah? Apakah terdapat pengaruh penggunakan Media Diorama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Media Diorama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah, untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Media Diorama di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah. Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen one group pretest-postest design. Adapun populasi dan sampelnya adalah siswa kelas V berjumlah 141 siswa, dengan sampel 37 siswa kelas V-B. Alat pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan tekhnik deskriptif kuantitatif yaitu dengan menggunakan rumus statistik test “t” N lebih dari 30, TSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan mean pre-test dan posttest, yaitu siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan Media Diorama. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah sebelum menggunakan Media Diorama yang tergolong tinggi sebanyak 6 orang siswa (16,22%), tergolong sedang sebanyak 24 siswa (64,86%), dan yang tergolong rendah sebanyak 7 orang siswa 18,92%). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah sesudah menggunakan Media Diorama yang tergolong tinggi sebanyak 7 orang siswa (18,92%), tergolong sedang sebanyak 20 siswa (54,05%), dan yang tergolong rendah sebanyak 10 orang siswa (27,03%). Berdasarkan analisis data dengan rumus test “t” N lebih dari 30 bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa dengan to jauh lebih besar dari pada tt yaitu : 2,02 <10,93> 2,71. Ha diterima dan Ho ditolak. Ini menunjukkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:52
Last Modified: 27 Sep 2021 06:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12162

Actions (login required)

View Item View Item