PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN KOMUNIKASI INTRAPERSONAL ANAK USIA 6-12 TAHUN RT 24 RW 07 KELURAHAN 20 ILIR DAERAH. II KECAMATAN KEMUNING PALEMBANG

NOPIKA, TRI (2017) PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN KOMUNIKASI INTRAPERSONAL ANAK USIA 6-12 TAHUN RT 24 RW 07 KELURAHAN 20 ILIR DAERAH. II KECAMATAN KEMUNING PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Tri Nopika (12210254).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak adalah amanah dari Allah SWT yang diberikan kepada orang tua, untuk dididik dan dijadikan generasi penerus. Anak juga merupakan anugrah yang deberikan Allah SWT kepada orang tua. Orang tua yang telah diberikan anugrah tersebut tentu memiliki hak dan kewajiban timbal balik, yaitu orang tua memiliki tanggung jawab terhadap anak dalam berbagai hal, baik pemeliharaan, pendidikan, maupun dalam menumbuhkan komunikasi intrapersonal pada diri anak. Orang tua merupakan faktor yang utama dalam membentuk kepribadian anak yang senantiasa taat kepada Allah SWT. Sedangkan urgensi pendidikan Islam pada kepribadian anak sangat dominan, karena menentukan pola dan tingkat laku serta membentuk kepribadian mereka. Kepribadian dan nilai-nilai Islam yang merupakan modal utama bagi anak dalam pergaulannya sehari-hari. Adapun strategi menumbuhkan komunikasi intrapersonal pada diri anak, menurut konsep Islam adalah memberikan contoh kepribadian yang baik dalam bergaul, menghormati bapak, ibu kakak, adik, dan anggota keluarga lainya. Penulis tertarik untuk mengadakan penelitian di R.T.24 R.W.07 terhadap peran orang tua dalam menumbuhkan komunikasi intrapersonal anak usia 6-12 tahun di R.T. 24 R.W. 07 tersebut, dengan tujuan dapat mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan komunikasi intrapersonal pada diri anak, bagaimana usahanya dan faktor penghambat. Dalam mengambil objek penelitian, penulis mengambil sampel penelitian sebanyak 16 orang tua yang mempunyai anak 6-12 tahun. Dengan menggunakan data angket, dokumentasi, observasi, wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase, yaitu: P= f_ ×100 N Peranan orang tua dalam penelitian ini adalah tentang tanggung jawab orang tua dalam menumbuhkan komunikasi intrapersonal. sebab keberhasilan dalam menumbuhkan komunikasi intrapersonal anak ditentukan oleh orang tua, selain anak merupakan amanah dari Allah SWT, orang tua adalah yang pertama yang menghiasi dan membentuk kepribadian anak. Selain itu sebagian besar waktu yang dihabiskan anak pada umunya dalam lingkungan keluarga. Dengan demikian pengaruh orang tua (ayah dan ibu) terhadap kepribadian anak sangat besar. Hasil penelitian yang saya dapatkan di R.T.24 R.W.07 bahwa peran orang tua dalam menumbuhkan komunikasi intrapersonal anak usia 6-12 tahun cukup baik meskipun masih ada yang belum menerapkan salah satu usaha dalam menumbuhkan komunkasi intrapersonal pada diri anak, cara orang tua menumbuhkan komunikasi intrapersonal ada yang terlalu tegas, keras, ada juga yang terlalu dimanja, hingga menimbulkan kepribadian yang negatif. di R.T.24 R.W.07.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:52
Last Modified: 27 Sep 2021 06:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12167

Actions (login required)

View Item View Item