PENGARUH METODE PEMBELAJARAN NON DIRECTIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PALEMBANG

DESKARINDA, SELLA (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN NON DIRECTIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FIX SKRIPSI SELLA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Metode Pembelajaran Non-Directive Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 40 Palembang. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Non Directive pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 40 palembang? 2. Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran Non directive pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 40 Palembang? 3. Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Non Directive antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 40 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar yang menggunakan dan yang tidak menggunakan metode pembelajaran Non Directive, serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode Non Directive terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tru eksperimental design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII8 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan VIII9 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Jenis data dalam penelitian ini, yaitu kualitatif berupa wawancara, analisis dokumen, dan observasi. Yang ke dua kuantitatif berupa jumlah guru, jumlah siswa serta sarana dan prasarana. Sumber data dalam penelitian ada dua, yaitu sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru dan siswa, sedangkan data sekunder meliputi kondisi lingkungan skolah, serana dan prasarana. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis deskriftif kuantitatif. Selanjutnya menggunakan rumus TSR dan presentase. Kemudian, menghitung uji-t Hasil penelitian yaitu pertama, skor soal hasil belajar siswa yang menggunakan metode Non Directive di kelas eksperimen katagori nilai tinggi 5 siswa (17%), katagori sedang 17 siswa (56%), dan katagori rendah 8 siswa (27%). Jadi dikatakan bahwa hasil diperoleh katagori sedang. Kedua, skor soal hasil belajar siswa yang tidak menggunakan metode Non Directive di kelas kontrol katagori tinggi 0 siswa (0%), katagori sedang 13 siswa (43%), dan katagori rendah 17 siswa (56%). Jadi hasil yang diperoleh katagori rendah. ketiga, terdapat pengaruh metode Non directive antara kelas eksperimen dan kontrol terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 40 Palembang meningkat. Karena setelah mendapatkan hasil thitung sebesar (4,186) sedangkan ttabel (2,00 dan 2,65). Maka thitung lebih besar dari pada ttabel, baik taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1% dengan rincian : 2,00< 4,186 >2,65. Jadi hipotesis penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen VIII8 tergolong sedang, dan hasil belajar siswa kelas kontrol VIII9 tergolong rendah dan dikatakan bahwa pengaruh metode Non Directive ini lebih meningkat terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 40 palembang dari pada menggunakan metode konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:53
Last Modified: 27 Sep 2021 06:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12170

Actions (login required)

View Item View Item