PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AHLIYAH IV PALEMBANG

LESTINA, NENI (2018) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AHLIYAH IV PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FILE KASET NENI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah metode resitasi, resitasi merupakan metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Ahliyah IV Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode resitasi pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ahliyah IV Palembang, apakah ada pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ahliyah IV Palembang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ahliyah IV Palembang, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ahliyah IV Palembang. Jenis penelitian ini adalah True Experimental design dengan desain penelitian posttest-only control design. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A untuk kelas yang diberikan perlakuan dan kelas V B untuk kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional di MI Ahliyah IV Palembang dengan materi Daur air. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis datanya menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tesnya menggunakan rumus Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-t dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dibanding hasil belajar kelas kontrol. Dari pengolahan data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t didapat thitung = 3,34 dan untuk ttabel dengan dk = 58 taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,00. Karena thitung >ttabel sehingga dari hasil perhitungan uji-t ini HI diterima dan hipotesis Ho di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi daur air

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:54
Last Modified: 27 Sep 2021 06:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12195

Actions (login required)

View Item View Item