KEMAMPUAN MAKAN ULAT API Setothosea asigna Van ecke. (Lepidoptera; Limacodidae) PADA TANAMAN KELAPA SAWITDAN SUMBANGSIHNYA TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA/MA KELAS X

ramadona, ALDI (2017) KEMAMPUAN MAKAN ULAT API Setothosea asigna Van ecke. (Lepidoptera; Limacodidae) PADA TANAMAN KELAPA SAWITDAN SUMBANGSIHNYA TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA/MA KELAS X. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ulat api merupakan serangga hama yang paling sering menyerang kelapa sawit. Meskipun tidak mematikan tanaman, serangga hama ini sangat merugikan secara ekonomi. Daun yang habis akan sangat mengganggu proses fotosintesis tanaman kelapa sawit, yang pada akhirnya akan menurunkan produktivitas kelapa sawit. Penelitian mengenai judul kemampuan makan ulat api (Setothosea asigna)pada tanaman kelapa sawitdi lingkungan laboratorium, telah dilakukan pada bulan Agustus 2016 di Laboratorium Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan makan ulat api (Setothosea asigna)pada tanaman kelapa sawitdi lingkungan laboratorium. Penelitian bersifat kuantitatif menggunakan metode HandCollectingyaitu metode pengambilan secara langsung dengan menggunakan tangan terhadap ulat api, dilanjutkan dengan metode eksperimen laboratori kuantitatif eksperimen. Variabel pengamatan meliputi kemampuan makan ulat api dan sebagai data penunjang diamati suhu dan kelembapan di laboratorium. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil tingkat kerusakan yang ditimbulkan oleh ulat api Setothosea asignapada tanaman kelapa sawit dengan jumlah rata-rata tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh ulat api Setothosea asigna mencapai 91,20%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:57
Last Modified: 27 Sep 2021 06:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item