IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BUBUSAN KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Husnul Khotima, Sakina (2017) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BUBUSAN KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SAKINA HUSNUL KHOTIMA 13290096.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Kepemimpinan Transformasional di SD Negeri 1 Bubusan Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir, bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Kepemimpinan Transformasional di SD Negeri 1 Bubusan Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Faktor yang mempengaruhi Implementasi Kepemimpinan Transformasional di SD Negeri 1 Bubusan Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Model Tehnik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini yang dikemukakan oleh Miles and Huberman melalui langkah-langkah sebagai berikut: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Reduksi Data digunakan untuk mempermudah peneliti untuk melakukan pengumpulan data. Penyajian Data digunakan untuk mempermudah untuk memahami apa yang terjadi, merencanakan kerja selanjutnya berdasarkan apa yang telah dipahami. Sedangkan Penarikan Kesimpulan yaitu data yang di peroleh maka akan di simpulkan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, Implementasi Kepemimpinaan transformasional di SD Negeri 1 Bubusan sudah terlaksana namun pada visi dan misi nya belum mengalami pembaharuan dikarenakan kurangnya kreativitas kepala Sekolah dalam merumuskan visi dan misi. Jika dilihat dari pergerakannya Kepala Sekolah SD Negeri 1 Bubusan sudah baik dibuktikan dengan kepala Sekolah telah mampu menampung aspirasi guruguru dan staf, memotivasi bawahan dan menggali potensi para guru dan staf.Kepala Sekolah menerima saran atau masukan yang diberikan oleh setiap guru dan staf, namun saran tersebut tidak langsung ia putuskan sendiri, akan tetapi saran atau masukan tersebut dimusyawarahkan dan dipertimbangkan terlebih dahulu bersama dengan guru yang lain melalui rapat. Setelah itu saran tersebut barulah dapat di putuskan. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kepemimpinan transformasional di SD Negeri 1 Bubusan adalah sebagai berikut: faktor penghambat dalam implementasi kepemimpinan transformasional yang meliputi kurangnya kemampuan kepala sekolah dalam melakukan pembaharuan visi dan misi. Sebagian guru yang telah memasuki usia lanjut dan juga kerap terjadi kesalah pahaman antar guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:57
Last Modified: 27 Sep 2021 06:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12225

Actions (login required)

View Item View Item