PENERAPAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADIS MATERI HUKUM BACAAN MIM SUKUN DI MTs GUPPI SUKAMORO

DARWINA, DARWINA (2015) PENERAPAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADIS MATERI HUKUM BACAAN MIM SUKUN DI MTs GUPPI SUKAMORO. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Darwina (11210040).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Explicit Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Bidang Studi Al-Qur’an Hadis Materi Hukum Bacaan Mim Sukun di MTs GUPPI Sukamoro. Penerapan metode ini dilakukan karena guru masih banyak terpaku dengan metode-metode klasikal, seperti halnya ceramah, mencatat materi, dan mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku panduan. Hal ini menyebabkan siswa kurang mendapatkan pemahaman tentang materi yang dipelajarinya. Tujuannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas experimen dan kelas kontrol serta adakah pengaruh penerapan metode explicit instruction terhadap hasil belajar. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian experimen posttest-only control design. Sumber data dalam penelitian ini adalah siwa kelas VII 2 sebagai kelas experimen dan siswa kelas VII 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik pengujian uji T. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan metode explicit instruction. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa hipotesisalternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil(Ho) ditolak. Rata-rata hasil belajar siswa yang diterapakn metode explicit instruction adalah 89,05, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang tidak diterapkan metode explicit instruction adalah 76,23.Nilai “t” yang terdapat pada to adalah jauh lebih besar dari “t” tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% (1,99<10,91>2,64). Hal ini menunjukkan bahwa metode explicit instructiondapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII 2 di MTs GUPPI Sukamoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:57
Last Modified: 27 Sep 2021 06:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item View Item