PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SD ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG

SUYATI, SUYATI (2018) PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI SD ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SUYATI (14210234).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Program literasi merupakan program penumbuhan minat baca pada siswa yang diluncurkan pemerintah awal tahun 2016 dengan berlandaskan pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Mengingat program ini masih tergolong baru dan masih sedikit sekali ulasan mengenai program literasi di sekolah dasar menjadi pertimbangan untuk melihat perkembangan program literasi di sekolah dasar khususnya. Gerakan ini memiliki tiga tahapan yaitu, pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran.Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pihak yang diwawancarai antara lain: Kepala sekolah, Koordinator program literasi sekolah, Kepala perpustakaan, Guru kelas, dan siswa-siswi SD Islam Az-Zahrah Palembang. Rumusan masalah penelitiannya adalah bagaimana pelaksanaan dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat program literasi sekolah di SD Islam Az-Zahrah palembang. Hasil penelitian menjunjukan bahwa program literasi sekolah di SD Islam Az-Zahrah palembang. Pada tahap pembiasaan yaitu: Membaca nyaring dan membaca dalam hati, membaca bersama, membaca buku non pelajaran, membaca sambil bernyanyi, memberikan siswa tugas di perpustakaan, membaca dirumah, membaca Iqra dan Al-Qur’an, menata sarana dan lingkungan kaya literasi, terdiri dari perpustakaan sekolah, UKS, kantin sehat, kebun sekolah, pelibatan publik. Pada tahap pengembangan yaitu, siswa menganalisis atau menceritakan kembali buku yang telah mereka baca dengan cara story map atau diskusi buku, membuat mading, dan diadakannya pesta literasi. Pada tahap pembelajaran, yaitu menanggapi teks buku bacaan pengayaan dan buku pelajaran. Faktor pendukung kegiatan literasi di SD Islam Az-Zahrah Palembang: banyaknya donatur buku, minat baca siswa yang tinggi, partisipasi orang tua, arana dan prasarana sekolah, adanya alokasi anggaran sekolah untuk pengadaan fasilitas penunjang. Faktor penghambat kegiatan literasi di SD Islam Az-Zahrah adalah limit waktu yang sedikit dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:58
Last Modified: 27 Sep 2021 06:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12243

Actions (login required)

View Item View Item