PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS X SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG

Mardiana, Mardiana (2013) PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS X SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
mardiana 13210164.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013, didasari pada analisis tentang penyempurnaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan Kurikulum 2013 dianggap menjadi solusi tepat atas perubahan dinamika sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi.Acuan dan prinsip penyusunan kurikulum 2013 mengacu pada pasal 36 undang-undang No. 20 tahun 2003, yang menyatakan bahwa penyusunan kurikulum harus memperhatikan peningkatan iman dan takwa, peningkatan akhlak mulia, peningkatan kompetensi, kecerdasan dan minat peserta didik, keragaman potensi daerah dan lingkungan, tuntutan pembangunan daerah nasional dan nilai-nilai kebangsaan. Kurikulum mempunyai peran sangat penting dalam seluruh proses pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang dicita-citakan oleh sebuah lembaga pendidikan, baik formal, informal maupun non formal. Skripsi ini membahas tentang masalah penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriftif, yaitu menggambarkan dan menguraikan tentang penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Sumber data penelitian ini ada dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dilapangan SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang, sedangka data sekunder merupakan sumber data yang mendukung dan bersumber dari literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian teknik analisis data peneliti menggunakan Reduksi Data, Data Display, Verifikasi. Hasil penelitian ini dapat diukur melalui jawaban guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kepala sekolah, waka kurikulum, dan siswa kelas X terdiri dari 4 (empat) siswa, dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sudah dapat dikatakan berjalan dengan baik. Faktor penghambat dalam penerapan kurikulum 2013 masih adanya sebagian siswa yang kurang aktif, penerapan kreatifitas anak IPS tidak bisa disama tinggikan dengan kreatifitas anak IPA, kebijakan kurikulum 2013 yang selalu berubah disetiap tahunnya. Faktor pendukung dalam penerapan kurikulum 2013 diantaranya guru sudah mengikuti workshop, MGMP, dan kepala sekolah mengadakan supervisi, adanya tambahan 1 (satu) jam pelajaran untuk Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dan lengkapnya sarana dan prasarana

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:59
Last Modified: 27 Sep 2021 06:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12247

Actions (login required)

View Item View Item