KESULITAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI DI MIN 1 TELADAN PALEMBANG

ARRASYID, M HARUN (2017) KESULITAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI DI MIN 1 TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
M.HARUN ARRASYID 13270057.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi merupakan suatu kesulitan belajar menulis pada anak tingkat dasar kelas V hal ini pun terjadi pada siswa tertentu, oleh karena itu kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi harus lebih diperhatikan oleh guru Bahasa Indonesia. Permasalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran Bahasa Indonesia Pada materi Karangan Narasi, kesulitan siswa kelas V dalam menulis karangan narasi dan solusi mengatasi problematika siswa dalam menulis karangan narasi di MIN 1 Teladan Palembang, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Karangan Narasi di MIN 1 Teladan Palembang, untuk mengetahui apa saja yang menjadi kesulitan siswa dalam menlis karangan narasi, dan mencari solusi dalam mengatasi problematika siswa dalam menulis karangan narasi di MIN 1 Teladan Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, informen penelitian ini adalah siswa kelas V.c dan guru Bahasa Indonesia kelas V. Ada pun alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik analisis data deskrptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan ( verifikasi ). Hasil penelitian ini adalah pertama, Proses Pembelanjaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibti‟daiyah Negeri 1 Teladan Palembang sudah baik mulai dari awal pembelajaran hingga penutupan pembelajran, dalam memberikan pengarahan pembelajaran juga guru sudah menggunakan metode dan media yang sudah tepat. Kedua, Kesulitan siswa kelas V dalam menulis karangan narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah kesulitan dalam menentuka tema, menulis cerita, dan membuat paragraf. Dan yang ketiga solusi siswa dalam menulis karangan narasi menurut guru Bahasa Indonesia ada tiga solusi, pertama siswa dalam memilih tema adalah tema yang mereka kuasai atau pahami, kedua siswa sebelum menulis cerita harus memperhatikan penggunaan kalimat dan paragraf, dan ketiga siswa sebelum membuat paragraf harus mengehaui pemakaian huruf kapital dan tanda baca yang benar. Solusi problematika siswa dalam menulis karangan narasi, menurut siswa yaitu dalam memilih tema siswa mengamati lingkungan sekitar untuk menemukan ide baru, melakukan kerja kelompok untuk menulis cerita dan membuat paragraf yang benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:59
Last Modified: 27 Sep 2021 06:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12250

Actions (login required)

View Item View Item