MUFLIHAH, NUR ABIDAH (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI DAARUL AITAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
NUR ABIDAH MUFLIHAH (14270085).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah untuk menghadapi era globalisasi ini dibutuhkan guru yang kreatif, yang mampu mengelola proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Adapun salah satu model pembelajaran yang dapat membantu guru untuk mengelola proses pembelajaran agar lebih efektif dan dapat memberikan peserta didik ruang bebas untuk mengembangkan potensinya adalah model pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang mengaitkan beberapa materi dari beberapa mata pelajaran dengan menggunakan tema. Pembelajaran tematik lebih menekankan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna kepada peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran tematik di MI Daarul Aitam Palembang? 2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran tematik di MI Daarul Aitam Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana guru menerapkan pembelajaran tematik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian, faktor pendukung serta hambatan-hambatan apa saja yang ditemui oleh guru di MI Daarul Aitam Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 5 guru kelas sebagai informan kunci dan kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam perencanaan guru belum membuat pemetaan kompetensi seperti yang seharusnya. Pada pelaksanaan, pembelajaran didominasi oleh guru dan materi juga masih terpisah-pisah. Pembelajaran juga belum berpusat pada tema dan peserta didik. Jenis penilaian yang digunakan guru adalah tes yaitu isian, pilihan ganda dan uraian. Guru melakukan penilaian hanya pada ranah kognitif saja sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor belum dilakukan. 2) Guru masih menemui hambatan pada perencanaan yaitu dalam membuat RPP pembelajaran tematik. Hambatan lain yang ditemui adalah kurangnya sosialisasi mengenai penerapan pembelajaran tematik di MI Daarul Aitam Palembang yang menyebabkan minimnya pengetahuan guru mengenai penerapan pembelajaran tematik sehingga sarana dan prasarana yang telah disiapkan pihak sekolah untuk keberhasilan proses pembelajaran menjadi terbengkalai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 06:59 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 06:59 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12253 |
Actions (login required)
View Item |