PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI AL-ADLI PALEMBANG

LOGIA, REGA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI AL-ADLI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
REGA LOGIA 14270099.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang Berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasion Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di Mi Al-Adli Palembang. Dalam proses pembelajaran, tentu dibutuhkan Model untuk menyajikan materi-materi pengajaran salah satunya Group Investigasion.Group Investigasion adalah model pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi untuk mencapai tujuan belajar.Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigasion terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA Kelas V di MI Al- Adli Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigasion terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Al- Adli Palembang? Bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigasion terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Al- Adli Palembang? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasion Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Al-Adli Palembang. Penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian True-Experimental Design (eksperimen yang betul-betul) dengan bentuk Pretest-posttest Control Group Design. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan data kualitatif sumber data yang diperoleh yaitu data primer dari siswa, guru dan kepala madrasah dan data sekunder bersifat penunjang dalam penelitian ini. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.Pada penerapan model pembelajaran ini siswa menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji “t”.Karena “thitung” = 2,661787 lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%), maka H0 ditolak dan Hαditerima. Berarti antara hasil belajarantara siswa di kelaseksperimen dansiswadi kelaskontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Maka, mengajar dengan menggunakan model pembelajaranGroup Investigasion memiliki perbedaan peningkatan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Al Adli Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:00
Last Modified: 27 Sep 2021 07:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12265

Actions (login required)

View Item View Item