PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 4 PRABUMULIH.[SKRIPSI]

OKTASARI, VENI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 4 PRABUMULIH.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
VENI OKTASARI (10210160).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model Pembelajaran Hybrid Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran pai di SMA N 4 Prabumulih, pada materi sumber Hukum islam. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar PAI kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Hybrd Learnng, bagaimana hasil belajar PAI kelas kontrol yang tidak menerapkan Model pembelajaran Hybrid Learning, Apakah ada perbedaan hasil belajar PAI di kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Hybrid Learning dan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Hybrid Learning Di SMA N 4 Prabumulih Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental yang menggunakan teknik Posttest Only Control Group Design. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel probability sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 anak, dan kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dantes. Metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum lokasi penelitian di SMA N 4 Prabumulih. Metode observasi digunakan untuk mengetahui proses belajar dalam pembelajaran Hybrid Learnng pada sub pokok bahasan sumber hukum islam . Dan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Hybrid Learning sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan hasil sebagai berikut : Hasil belajar PAI di kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Hybrid Learning yang berjumlah 20 siswa memperoleh nilai rata-rata 76, dengan nilai yang tertinggi yaitu 90 dan nilai yang terendah yaitu 65 serta Standar Deviasi 6,819. Kemudian hasil belajar siswa PAI pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan Model pembelajaran Hybrid Learning yaitu memperoleh nilai rata-rata 85, dengan nilai yang tertinggi yaitu 95 dan nilai yang terendah yaitu 75 serta Standar Deviasinya adalah 6,708 dengan rincian 2,02 < 4,102 > 2,71baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:11
Last Modified: 28 Aug 2018 03:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item