PERAN IBU DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN 3-4 ULU LR. KAMASAN RT.022 RW.006 KEC. SEBERANG ULU I PALEMBANG

ADHA, MEIRIDO (2017) PERAN IBU DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN 3-4 ULU LR. KAMASAN RT.022 RW.006 KEC. SEBERANG ULU I PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi edo 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), yang terdiri atas lima bab. Masalah yang diteliti dalam skipsi ini adalah bagaimana peran ibu dalam pembentukan kepribadian anak tingkat sekolah dasar di kelurahan 3-4 Ulu Lr. Kamasan Rt.022 Rw.006 Kec. Seberang Ulu I Palembang dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi peran ibu dalam pembentukan kepribadian anak tingkat sekolah Dasar. Alat pengumpul data berupa angket yang dipergunakan peneliti untuk mengetahui sejauh mana peran ibu dalam pembentukan kepribadian anak tingkat sekolah dasar dan melihat faktor apa saja yang menjadi penghambat peran ibu. Populasi penelitian diambil dari ibu yang memiliki anak usia tingkat sekolah dasar dalam satu Rt yang berjumlah 100 orang. Sampel yang diambil peneliti adalah 50% dari populasi. Sedangkan alat pengumpul data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran ibu dalam pembentukan kepribadian anak tingkat sekolah dasar di kelurahan 3-4 Ulu Lr. Kamasan Rt.022 Rw.006 Kec. Seberang Ulu I Palembang bisa dikatakan baik. Hal ini terlihat dari hasil angket dan observasi peneliti mengenai peran ibu membentuk kepribadian anak dengan pendidikan pembentukan dasar keimanan (Aqidah) diantaranya seorang ibu yang menceritakan sifat rohman dan rohim Allah pada anak sebelum tidur dan cerita tentang teladan Rosulullah, sedangkan pengajaran ibadah berupa shalat diantaranya: ibu menyuruh anak untuk shalat tepat waktu pemberian keteladanan ibu. Sedangkan mengajarkan kitab suci Al-Qur’an dengan memasukkan anak ke TK/TPA dan membentu anak menghapal dan pembentukan akhlak yang baik. Sedangkan penghambat peran ibu dalam pembentukan kepribadian anak adalah faktor lingkungan dan pengetahuan atau pendidikan kaum ibu yang minim tentang pembentukan kepribadian anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:02
Last Modified: 27 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12292

Actions (login required)

View Item View Item