HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TRIMOHARJO KABUPATEN OKU TIMUR

Yuniarti Puteri, Dwi (2017) HUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TRIMOHARJO KABUPATEN OKU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
DWI YUNIARTI PUTERI 13270026.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah bagaimana kompetensi sosial yang dimiliki guru. Artinya kompetensi sosial terkait dengan kemampuan guru sebagai makhluk sosial dalam berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini berjudul hubungan kompetensi sosial guru dengan kinerja guru di di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo kabupaten OKU Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi sosial guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo kabupaten OKU Timur, bagaimana kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo kabupaten OKU Timur, adakah hubungan kompetensi sosial guru dengan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo kabupaten OKU Timur. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi sosial guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo kabupaten OKU Timur, untuk mengetahui kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo kabupaten OKU Timur, untuk mengetahui hubungan kompetensi sosial guru dengan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo kabupaten OKU Timur. Metodelogi yang digunakan adalah metode korelasional, yakni penelitian yang berusaha menghubungkan antara suatu variabel dengan variabel lain. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MIN Trimoharjo OKU Timur yang berjumlah 17 orang. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: Pertama, kompetensi sosial guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo OKU Timur berada pada kategori sedang, karena dari hasil analisis terhadap 17 orang responden kelompok skor sedang menempati 76,5% atau 13 orang responden. Kedua, kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo OKU Timur berada pada kategori sedang, karena dari hasil analisis terhadap 17 orang responden kelompok skor sedang menempati 76,5% atau 13 orang responden. Ketiga, hasil analisis product moment mengenai hubungan kompetensi sosial guru dengan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo OKU Timur menunjukkan rxy = 0,482 < 0,857 > 0,606 dan terbukti bahwa semakin tinggi kompetensi sosial guru maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkan oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo OKU Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:03
Last Modified: 27 Sep 2021 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12300

Actions (login required)

View Item View Item