PENERAPAN METODE READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI SURAH AL-KAFIRUN DI SDN 2 GUNUNG MEGANG KEC. GUNUNG MEGANG KAB. MUARA ENIM

Yusdawati, Eka (2015) PENERAPAN METODE READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI SURAH AL-KAFIRUN DI SDN 2 GUNUNG MEGANG KEC. GUNUNG MEGANG KAB. MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB KESELURUHAN SKRIPSI ECHA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode Reading Aloud merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memiliki rencana dalam pembelajaran dengan cara menyiapkan suatu bagan atau skema atau yang lain yang dapat membantu peserta didik cara membuat catatan-catatan ketika pendidik menyampaikan materi pelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang disampaikan oleh guru belum maksimal, hal ini mengakibatkan siswa cepat bosan dan dapat membuat hasil belajar siswa kurang maksimal jadi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru hendaknya dapat memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat sehingga keberhasilan belajar siswa dapat tercapai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penerapan metode Reading Aloud pada mata pelajaran PAI materi surah Al-Kafirun di kelas V SDN 2 Gunung Megang Kec. Gunung Megang Kab. Muara Enim ?. Apakah penerapan metode Reading Aloud dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi surah Al-Kafirun?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Reading Aloud pada mata pelajaran PAI materi surah Al-Kafirun kelas V di SDN 2 Gunung Megang Kec. Gunung Megang Kab. Muara Enim dan apakah dengan menggunakan metode Reading Aloud pada mata pelajaran PAI materi surah Al-Kafirun dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 2 Gunung Megang Kec. Gunung Megang Kab. Muara Enim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan angka�angka, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah murid SDN 2 Gunung Megang dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa, 16 orang siswa di kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 16 orang siswa di kelas V B sebagai kelas kontrol. Sedangkan alat pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes. Rumus untuk menganalisis data memakai tes “t” dalam keadaan dua sampel kecil yang tidak saling berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Reading Aloud dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi surah Al-Kafirun . Hal ini terlihat dari adanya peningkatkan hasil belajar siswa dari Mean (rata-rata) pada kelas eksperimen sebesar 76 pada saat siswa mengerjakan soal pre-test dan kelas kontrol sebesar 70. Sedangkan pada saat mengerjakan soal post-test kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 90 dan kelas kontrol mendaptkan nilai 80 yang telah diperoleh dari nilai keseluruhan siswa. Dalam penerapan metode Reading Aloud mempunyai perbedaan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran PAI maateri surah Al�Kafirun. Karena berdasarkan perbandingan nilai “t” maka t0 lebih besar dari pada tt baik taraf signifikan 5% pada taraf signifikan 1% yakni 2,04 < 4,14 > 2,75. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode Reading Aloud pada kelas eksperimen itu lebih baik hasilnya jika dibandingkan dengan metode konvesional (ceramah) pada kelas kontrol yakni pada mata pelajaran PAI materi surah Al-Kafirun kelas V di SDN 2 Gunung Megang, Kec. Gunung Megang Kab. Muara Enim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:03
Last Modified: 27 Sep 2021 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12303

Actions (login required)

View Item View Item