PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP PEMAHAMAN HUKUM BACAAN NUN MATI/TANWIN DAN MIM MATI DI SMP MUHAMMADIYAH I PALEMBANG

VIPTIA, TITIN (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP PEMAHAMAN HUKUM BACAAN NUN MATI/TANWIN DAN MIM MATI DI SMP MUHAMMADIYAH I PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TITIN VIPTIA (12210250).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media papan flanel dapat menjadi ragam baru bagi pengembangan media dalam dunia pendidikan, dan dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu, siswa akan mendapatkan pemahaman yang optimal, termasuk dapat meningkatkan pemahaman hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati siswa. Melihat fenomena yang terjadi di SMP Muhammadiyah 1 Palembang, media pembelajaran yang digunakan hanya menggunakan buku dan pemberian tugas di LKS, sehingga meyebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan flanel terhadap pemahaman hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana penggunaan media papan flanel terhadap pemahaman hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati di SMP Muhammadiyah I Palembang? Kedua bagaimana pemahaman hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati di SMP Muhammadiyah I Palembang? dan ketiga apakah ada pengaruh yang disignifikasikan antara penggunaan media papan flanel terhadap pemahaman hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati di SMP Muhammadiyah I Palembang? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII, VIII, IX tahun ajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa sebanyak 515, dari populasi tersebut, yang menjadi sampel 31 siswa, dalam penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu atau tujuan tertentu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research), dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Selanjutnya untuk menghitung pengaruh penggunaan media papan flanel terhadap pemahaman hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati siswa digunakan rumus tes “T”. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media papan flanel sudah berjalan dengan baik dari setiap tahap pelaksanaan. Sedangkan pemahaman hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati siswanya tergolong baik sebesar 9, 67 %. Berdasarkan analisi data dengan menggunakan rumus statistik tes “T” ternyata ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan pemahaman hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati siswa, setelah diketahui nilai uji “t” diperoleh nilai ttabel= 12, 44 adalah lebih besar dari pada “t” tabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% atau 2,04 < 12,44 > 2,75.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:03
Last Modified: 27 Sep 2021 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12305

Actions (login required)

View Item View Item