PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG

ANDINI, YUNI (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yuni Andini.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS kelas IV disebabkan metode yang sering digunakan yaitu metode konvensional sehingga menyebabkan nilai IPS siswa terssebut menjadi di bawah KKM. Melalui strategi pembelajaran aktif peer lessons ini diharapkan mampu membuat siswa lebih aktif dan dapat memahami materi ajar yang akan disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya mata pelajaran IPS. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons 2) bagaimanakah hasil belajar tidak yang menggunakan strategi pembelajaran aktif peer lessons 3) adakah pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif Peer Lessons terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtida’iyah Najahiyah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Najahiyah Palembang. Desain penelitian yang digunakan Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas IV A MI Najahiyah Palembang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B MI Najahiyah Palembang adalah kelas kontrol Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif peer lessons, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar sejarah siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Dari hasil rata-rata post-test atau nilai rata-rata tes sesudah diberi perlakuan pada kelas kontrol yaitu 56,7% yang menunjukan bahwa rata-rata post-test tersebut masih belum mencapai standar ketuntasan minimal (KKM), sedangkan rata-rata nilai posttes pada kelas eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran aktif peer lessons adalah sebesar 77,5% yang menunjukan bahawa rata-rata post-tes pada kelas eksperimen tersebut telah mencapai KKM. Berdasarkan penguji hipotesis yang telah di lakukan dengan menggunakan perhitungan uji “to” yang hasilnya sebesar 5,10. Dengan df sebesar sebesar 62 diperoleh dari t0 lebih besar dari pada t (baik pada taraf signifikan 5% dan 1%, 2,00< 5,10 > 2,65. Dengan demikian, berarti hipotesis alternatif (ha) yang berbunyi: “pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif peer lessons pada mata pelajaran IPS memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV madrasah ibtidaiyah Najahiyah Palembang” diterima dan hipotesis nihil (ho) di tolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:04
Last Modified: 27 Sep 2021 07:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12321

Actions (login required)

View Item View Item