PENGARUH PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MA AL-FATAH PALEMBANG

AMINULLAH, AMINULLAH (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MA AL-FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Aminullah (14210023).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketuntasan belajar atau disebut juga daya serap adalah pencapaian taraf penguasaan minimal yang telah ditetapkan oleh guru dalam tujuan pembelajaran setiap satuan pelajaran. Ketuntasan belajar merupakan pencapaian kompetensi yang memadai dan dapat dipertanggung jawabkan sebagai prasyarat penguasaan kompetensi lebih lanjut. Permasalahan yang muncul adalah rendahnya tingkat ketuntasan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Fiqih dikarenakan penggunaan metode belajar yang kurang tepat dan tidak efektif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana ketuntasan belajar siswa sebelum penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran Fiqih?. Bagaimana ketuntasan belajar siswa sesudah penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran Fiqih?. Apakah penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada matapeljaran Fiqih?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode brainstorming meningkatkan ketuntasan belajar pada mata pelajaran Fiqih dan kegunaan penelitian ini untuk meningkatkan ketuntasan belajar dalam proses belajar berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan teknik Pre-test-Post-test One Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Observasi digunakan peneliti untuk keadaan sarana dan prasarana, keadaan jumlah ruangan dan mengamati aktifitas siswa. Wawancara untuk mengetahui informasi mengenai data awal ketuntasan belajar siswa kelas XI sebagai latar belakang masalah dari penelitian. Dokumentasi digunakan untuk peneliti memperoleh data sejarah MA Al-Fatah Palembang. Tes adalah salah satu alat evaluasi untuk membedakan antara sebelum penerapan metode brainstorming dengan sesudah penerapan metode brainstorming. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui adanya peningkatan antara ketuntasan belajar siswa kelas XI sebelum dan sesudah diterapkannya metode brainstorming. Hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan metode brainstorming dalam meningkatkan ketuntasan belajar. Dilihat dari mean dari post-test 85 dan mean pre-test 62 nilai mean post-test lebih tinggi dari pada nilai mean pre-test. Hal ini menunjukkan memang benar metode brainstorming berpengaruh meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode brainstorming maka dilakukan uji statistik t test. Dari hasil uji t test membuktikan bahwa hasil thitung lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf signifikan 5% dan 1% (2,05>7,36>2,77). Hal ini menunjukkan bahwa “ada pengaruh penerapan metode brainstorming dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas XI MA Al-Fatah Palembang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:04
Last Modified: 27 Sep 2021 07:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12325

Actions (login required)

View Item View Item