HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MASDARUL ULUM PEMULUTAN

SUSANTI, ERNI (2017) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MASDARUL ULUM PEMULUTAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ERNI SUSATI 13270031.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana gaya belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan. (2) Mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan. (3) Mengetahui bagaiman hubungan gaya belajar dengan pretasi siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan dengan jumlah siswa 17 orang. Instrument yang digunakan adalah skala gaya belajar dan dokumentasi. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation Coeffidient dengan menggunakan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian mengenai hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan sebagai berikut: (1) Siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan yang gaya belajar visual sebanyak 35,29% dari 17 siswa, gaya belajar auditorial 58.82% dari 17 siswa dan gaya belajar kinestetik sebanyak 5,88 dari 17 siswa. (2) Siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan yang prestasi terendah dari nilai 71,64 – 74,00 = 4 siswa, prestasi sedang dari 75,00 – 78.82 = 7 siswa, sedangkan prestasi tetinggi dari 79,27 – 83,91 = 6 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan cukup kopenten. (3)Ada hubungan yang signifikan antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Masdarul Ulum Pemulutan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai p gaya belajar dengan prestasi belajar adalah 0,05 maka hipotesis penelitian ini di terima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:05
Last Modified: 27 Sep 2021 07:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12342

Actions (login required)

View Item View Item