PENGARUH PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MU’ALLIMIN SANDIKA SUKAJADI

MONIKA WIDYANTI, DEWI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MU’ALLIMIN SANDIKA SUKAJADI. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
DEWI MONIKA WIDYANTI 13270020.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Mu‟allimin Sandika Sukajadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana aktivitas belajar siswa yang tidak diterapkan model siklus belajar (learning cycle) 5E pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mu‟allimin Sandika Sukajadi?, (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa yang diterapkan model siklus belajar (learning cycle) 5E pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mu‟allimin Sandika Sukajadi?, (3) Bagaimana pengaruh penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Mu‟allimin Sandika Sukajadi?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain true-experimental dalam bentuk posttest-only control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan sistem pengundian dengan teknik random sampling. Adapun populasi siswa kelas V yang berjumlah 47 siswa, dengan sampel kelas V A yang berjumlah 23 siswa dan V B yang berjumlah 24 siswa. Dalam memperoleh data penulis menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus statistik deskriptif dengan rumus perhitungan mean atau rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E terhadap aktivitas belajar siswa. (1) Aktivitas belajar siswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan model siklus belajar (learning cycle) 5E mendapatkan rata-rata persentase akhir sebesar 42,71%, dikategori sangat aktif tidak ada siswa (0%), dikategori aktif sebanyak 3 orang siswa (13%), dikategori kurang aktif terdapat 20 orang siswa (87%), dan dikategori sangat kurang aktif tidak ada siswa (0%). (2) Aktivitas belajar siswa kelompok eksperimen yang menggunakan model siklus belajar (learning cycle) 5E mendapatkan rata-rata persentase akhir sebesar 64,45%, dikategori sangat aktif terdapat 4 orang siswa (17%), dikategori aktif sebanyak 18 orang siswa (75%), dikategori kurang aktif terdapat 2 orang siswa (8%), dan dikategori sangat kurang aktif tidak ada siswa (0%). (3) Berdasarkan analisis data dengan rumus t-test adalah nilai perhitungan to lebih besar dari pada tt, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan rincian 2,02 <7,58> 2,69, Ha diterima dan Hoditolak. Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini, yakni terdapat pengaruh penerapan model siklus belajar (learning cycle) 5E terhadap aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Mu‟allimin Sandika Sukajadi. Kata Kunci : Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E, Aktivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:05
Last Modified: 27 Sep 2021 07:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12350

Actions (login required)

View Item View Item