PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MI AL- ‘ADLI PALEMBANG

LASTARI, KLARA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MI AL- ‘ADLI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KLARA LASTARI. NIM 14270059.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar merupakan semua kegiatan seseorang dalam mengikuti suatu kegiatan baik secara berkelompok maupun perorangan atau individu dalam pembelajaran. Aktivitas belajar siswa dapat menggunakan seluruh potensi individu sehingga akan terjadi perubahan perilaku tertentu dengan berbagai macam media pembelajaran di antaranya adalah media realia, media ini merupakan salah satu media yang dapat memberikan pengalaman belajar yang bersifat langsung dan nyata kepada penggunanya, karena media pembelajaran ini siswa dapat menerima dan menyerap materi dengan mudah dan baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas belajar siswa sebelum diterapkan media realia, bagaimana aktivitas belajar siswa sesudah diterapkan media realia, dan adakah pengaruh penggunaan media realia terhadap aktivitas belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa sebelum diterapkan media realia, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa sesudah diterapkan media realia, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre Experimental design bentuk One-group pretest-posstest design. Populasinya adalah siswa kelas III.A dan III.B berjumlah 61 siswa sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah nonprobability sampling, yaitu kelas III.A berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan rumus TSR dan uji “t”. Hasil penelitian sebagai berikut: Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan media realia pada mata pelajaran IPA kelas III di MI Al-„Adli Palembang tergolong kategori tinggi 6 siswa (20%), kategori sedang 17 siswa (56,66%) dan kategori rendah 7 siswa (23,33%). Aktivitas belajar siswa sesudah menggunakan media realia tergolong kategori tinggi terdapat 17 siswa (56,66%), kategori sedang 5 siswa (16,66%), dan kategori rendah 8 siswa (22,66%). Terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil dari uji hipotesis dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh penulis dari perhitungan (thitung observasi = 7,22 ) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t = 1,699 maka dapat diketahui bahwa thitung adalah lebih besar dari pada ttabel yaitu: 7,22 > 1,699. Dari perhitungan di atas didapat thitung adalah lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikansi 5% (2,07). Sehingga hipotesis alternatif Ha diterima sedangkan Ho hipotesis nihil ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:07
Last Modified: 27 Sep 2021 07:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12373

Actions (login required)

View Item View Item