NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT PEMIKIRAN SYEKH AZ-ZARNUJI (TELAAH TERHADAP KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM)

TRISNO, TRISNO (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT PEMIKIRAN SYEKH AZ-ZARNUJI (TELAAH TERHADAP KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRISNO PDF YANG BARU (13210281).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan proses pembelajaran yang bertujuan menjadikan manusia yang potensial secara intelektual semata melalui transfer of knowledge yang kental, tetapi proses tersebut bermuara pada upaya pembentukan watak (karakter). Pada kenyataannya pendidikan hanya menjadikan para penununtut ilmu menjadi manusia yang berpengetahuan tanpa diimbangi dengan akhlak dan kepribadian yang baik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini mengenai nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim menurut pemikiran Syekh Az-Zarnuji serta relevansinya dengan tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam kitab Talimul Muta‟allimmenurut pemikiran Syekh Az-Zarnuji serta untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter didalam kitab Talimul Muta‟allim dengan tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan batasan masalah memfokuskan pada nilai-nilai pendidikan karakter menurut pemikiran Syekh Az-Zarnuji (telaah terhadap kitab Ta‟limul Muta‟allim). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadisalah satu referensi untuk mempermudah memahami pendidikan karakter serta dijadikan bahan acuan bagi penelitian-penelitian yang relevan diwaktu akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil objek yaitu kitab Talimul Muta‟allim berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter serta relevansinya dengan tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (contens analisis). Analisis ini digunakan untuk mengungkapkan kandungan nilai-nilai tertentu dalam sebuah buku dengan memperhatikan pada konteks. Sumber data primer berupa kitab Talimul Muta‟allim sedangkan sumber sekunder yaitu terjemahan kitab-kitab Talimul Muta‟allim, buku, jurnal dan skripsi lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim antara lain nilai karakter: religius, tanggung jawab, demokratis, toleransi, kerja keras, disiplin, mandiri, demokratis, menghargai prestasi, cinta damai, gemar membaca dan peduli sosial serta rasa ingin tahu. Serta relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim dengan tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat relevan, baik tujuan, materi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:08
Last Modified: 27 Sep 2021 07:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12387

Actions (login required)

View Item View Item