PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI NURUL QOMAR PALEMBANG

AFRILIYA, SERLI (2018) PENGARUH PENERAPAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI NURUL QOMAR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SERLI AFRILIYA (14270116).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Media Flip Chart Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di MI Nurul Qomar Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media flip chart, proses pembelajaran siswa dan pengaruh penerapan media flip chart terhadap proses pembelajaran siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana penerapan media flip chart pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Nurul Qomar Palembang? Bagaimana proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Nurul Qomar Palembang? Apakah ada pengaruh penerapan media flip chart terhadap proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Nurul Qomar Palembang? Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian deskriptif kuantitatif, dalam penelitian ini memaparkan data yang berupa penjelasan dan data berupa angka. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Nurul Qomar Palembang yang berjumlah 22 siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada yakni kelas V berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisa uji tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada pengaruh penerapan media flip chart terhadap proses pembelajaran siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Nurul Qomar Palembang. Hal ini dapat dilihat dari observasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran tersebut berlangsung yakni dengan uji hipotesisnya dari sebesar (to= 8,56) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t ( =2,09 dan = 2,86) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,09< 8,56 > 2,86. Dengan demikian to lebih besar dari pada tt baik dari taraf signifikan 5% maupun tarif signifikan 1%. Ini berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) terbukti atau dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media flip chart terhadap proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Nurul Qomar Palembang. Kata kunci: Media Flip Chart, Proses Pembelajaran siswa , dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:09
Last Modified: 27 Sep 2021 07:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item