EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS V MIN 7 MUARA ENIM

Hayati, Linda (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS KELAS V MIN 7 MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran, berbagai masalah yang sering dijumpai diantaranya ialah siswa kurang mampu memahami materi pelajaran yang disampaikan para guru sehingga hasil belajar siswa kurang sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada pokok bahasan Hukum Bacaan Mim Sukun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field Research) yang bersifat kuantitatif.Adapun penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian Eksperiment Design bentuk one grup Pretest-Posttest Design yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan terhadap subjek penelitian. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 7 Muara Enim, dengan sampel sebanyak 1 kelas, yaitu kelas V yang berjumlah 20 siswa. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang dilakukan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, dan Posttest dilaksanakan setelah pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata Pretest sebesar 52, dan rata-rata Posttest sebesar 80. Dari hasil uji hipotesis diperoleh to > ttabel pada taraf signifikansi 5% atau α 0.05 dan taraf signifikansi 1% atau α 0.01, yakni 1,72 < 13,50 > 2,53 maka nilai ratarata Posttest pada kelas eksperimen signifikan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hukum Bacaan Mim Mati yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata Pretest ke Posttest. Kata Kunci : Model Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar, Al-Quran Hadis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Index Card Match Hasil Belajar Al-Quran Hadis
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:10
Last Modified: 27 Sep 2021 07:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item View Item