PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG

FRIMA ANGGARA, ARDI (2017) PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ARDI FRIMA ANGGARA (12221008).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan openended terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Nurul Iman Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain posttest only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII SMP Nurul Iman Palembang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 73 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas dengan jumlah 37 sebagai kelas eksperimen dan kelas berjumlah 36 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua peneliti menerapkan pendekatan open-ended di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pada pertemuan ketiga dilakukan posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Dengan menggunakan metode tes, peneliti melakukan pengumpulan data dengan teknik analisis data kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh siswa pada kelas kontrol dan eksperimen adalah 13% dan 53% dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 66, sedangkan kelas kontrol sebesar 55. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (uji kesamaan dua rata-rata) dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 3.491 dan ttabel = 2.00 dengan dk = 64, sehingga didapat thitung = 3.491 > ttabel= 2.00 . Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Nurul Iman Palembang. Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended , Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:20
Last Modified: 27 Sep 2021 07:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12417

Actions (login required)

View Item View Item