PELAKSANAAN PEMBERIAN REMISI BAGI NARAPIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI RUTAN KLAS I PALEMBANG DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM

Triyantoro, Joko (2018) PELAKSANAAN PEMBERIAN REMISI BAGI NARAPIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI RUTAN KLAS I PALEMBANG DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI B5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI B5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Remisi adalah pengampunan atau pengurangan hukuman yang diberikan kepada narapidana. Remisi diberikan kepada narapidana atau anak pidana yang melakukan tindak pidana, salah satunya pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Remisi diberikan kepada narapidana maupun anak pidana yang berkelakuan baik dan telah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dengan adanya ini maka timbul suatu rumusan masalah yang pertama Bagaimana Pelaksanaan Pemberian Remisi Bagi Narapidana Penayalahgunaan Narkotika di Rutan Klas I Palembang, yang kedua Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Pemberian Remisi Bagi Narapidana Penyalahgunaan Narkotika di Rutan Klas I Palembang. Maka dari itu saya tertarik menulis skripsi ini dengan judul: Pelaksanaan Pemberian Remisi Bagi Narapidana Penyalahgunaan Narkotika di Rutan Klas I Palembang Ditinjau dari Hukum Pidana Islam. Dalam penelitian ini saya menggunakan penelitian lapangan (field research), yaitu langsung ke lokasi penelitian di Rutan Klas I Palembang dengan mengadakan wawancara langsung dan mengambil data yang di perlukan dalam penulisan skripsi ini. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer, sekunder, serta teknik analisis data deskriptif analisis, analisis data yang dipergunakan adalah pendekatan kualitatif terhadap data primer dan data sekunder. Saya lalu menyimpulkan secara deduktif agar hasil penelitian ini dapat dengan mudah dipahami. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan pemberian remisi yang dilakukan oleh Rutan klas I palembang sudah berdasarkan dengan Undang-Undang khususnya dalam Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.sedangkan dalam hukum Islam Remisi dikenal dengan istilah Syafa‟at. Maksud dan Tujuan pemberian Syafa‟at untuk kemaslahatan bersama serta menghormati Hak Asasi Manusia. Syafa‟at hanya ada dalam jarimah Ta‟zir, sebab jarimah Qishas dan Hudud jenis kadar hukumannya telah dtetapkan oleh Allah Swt. Narkotika viii termasuk dalam jarimah Ta‟zir karena tidak secara tegas dinyatakan dalam Al-Qur‟an dan Hadist.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:24
Last Modified: 27 Sep 2021 07:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12439

Actions (login required)

View Item View Item