PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN KELAS VIII DI MTS ISLAMIYAH BUMI AGUNG KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (OKI)

AZIZI, NURUL (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN KELAS VIII DI MTS ISLAMIYAH BUMI AGUNG KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (OKI). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Ilmu Biologi merupakan bagian dari ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang salah satu ciri dari pembelajarannya adalah adanya integrasi antara eksperimen dan teori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 04 - 18 Agustus 2017 di kelas VIII MTs Islamiyah Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI. Rancangan penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design dengan metode quasi-eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 68 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan proses sains siswa pada pelaksanaan pembelajaran dengan metode eksperimen lebih baik dari pada pembelajaran dengan metode demonstrasi di kelas kontrol. Pada perhitungan uji t, t hitung= 4,193 sedangkan t tabel dengan α = 5% dan dk = 68 – 2 = 66 diperoleh hasil 3,218. Ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian, berdasarkan uji gain, peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,53 (rendah) sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,23 (sedang). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Kata Kunci: Metode eksperimen; Keterampilan proses sains

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:24
Last Modified: 27 Sep 2021 07:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12441

Actions (login required)

View Item View Item