PENGARUH LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 7-12 TAHUN DI SD NEGERI 94 PALEMBANG KELURAHAN SILABERANTI KECAMATAN SEBERANG ULU 1

umar, aisyah (2017) PENGARUH LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 7-12 TAHUN DI SD NEGERI 94 PALEMBANG KELURAHAN SILABERANTI KECAMATAN SEBERANG ULU 1. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab 1 revisi pak sukirman.docx

Download (80kB)
[img] Text
bab 2 aisyah.docx

Download (94kB)
[img] Text
bab 3 fix.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (31kB)

Abstract

Skripsi berjudul “Pengaruh Lingkungan Masyarakat Terhadap Prestasi Beajar Anak Usia 7-12 Tahun di SD Negeri 94 Palembang kelurahan Silaberanti Kecamatan Seberang Uu 1” ini mengambil permasalahan sebagai berikut: Bagaimana kondisi lingkungan masyarakat di Kelurahan Silaberanti Kecamatan Seberang Ulu 1? Bagaimana prestasi belajar anak usia 7-12 tahun di SD Negeri 94 Palembang? Serta Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh lingkungan masyarakat terhadap pertasi belajar anak usia 7-12 tahun di SD Negeri 94 PalembangKelurahan Silaberanti Kecamatan Seberang Ulu 1?. Jenis penelitian yang akan penulis lakukan adalah jenis penelitian deskriptif, karena penulis akan menggambarkan sekaligus menganalisis antara lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar, sedangkan pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif yaitu penelitian yang akan memberikan sumbangan pemikiran seberapa besar hubungan antara lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar anak, karena kuantitatif sendiri adalah penelitian yang memaparkan analisis penelitiannya dengan angka dan menggunakan perhitungan statistik dalam menganalisisnya. Data yang diperoleh melalui bentuk tes tertulis (angket) dan observasi langsung serta dokumentasi sekolah, buku-buku serta dokumentasi yang layak dijadikan sumber data. Penulis mengunakan rumus korelasi product moment dengan hipotesa (Ha) yang menyatakan bahwa lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak usia 7-12 tahun di SD Negeri 94 Palembang. Setelah melaui proses analisis data, maka diperoleh kesimpulan data bahwa pertama, Lingkungan masyarakat di Kelurahan Silaberanti dapat dikatakan sudah cukup baik. Hal ini terbukti dari hasil angket warga yang disebar kepada 42 orang warga kelurahan silaberanti termasuk ke dalam kategori sedang sebanyak 30 skor dengan presentase 71,42%. Sedangkan Prestasi belajar anak yang peneliti nilai adalah melalui data nilai siswa yang diambil dari nilai raport siswa dengan sampel yang diambil berjumlah 42 orang diambil secara acak berdasarkan usia 7-12 tahun yakni anak kelas 1-6 SD yang masing-masing kelas berjumlah 7 orang pada SD Negeri 94 Palembang juga dapat dikatakan sudah cukup baik dilihat dari hasil TSR kategori sedang sebanyak 30 skor dengan presentase 71,42%. Kedua, Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak usia 7-12 tahun di SD Negeri 94 Palembang.berdasarkan hasil analisa yang diperoleh nilai rxy sebesar 0,433 lebih besar dari pada taraf signifikan 5% (0,312) maupun pada taraf signifikan 1% (0,403). Sehingga hipotesis alternatif yang berbunyi “lingkungan masyarakat berpengaruh tinggi pada prestasi belajar anak usia 7-12 tahun di SD Negeri 94 Palembang Kelurahan Silaberanti Kecamatan Seberang Ulu 1” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:24
Last Modified: 27 Sep 2021 07:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12443

Actions (login required)

View Item View Item